Skip to main content

Slametan Yang Sering Kita Lakukan Sejatinya Adalah SEDEKAH TOLAK BALA

Slametan Yang Sering Kita Lakukan Sejatinya Adalah SEDEKAH TOLAK BALA - Ada seorang laki-laki datang kepada Abu Hurairah RA dan berkata: "Ya Aba Hurairah, Doakan anakku si Zaid. Dia sedang pergi dan aku sangat khawatir dengan keselamatannya".
Lalu Abu Hurairah RA menjawab: "Maukah aku tunjukkan padamu sesuatu, dimana hal itu lebih hebat daripada doaku dan lebih manjur bahkan lebih cepat diijabah apa yang menjadi keinginanmu".
Laki-laki itu seketika menjawab : "Ya, apakah sesuatu itu wahai Abu Hurairah?".
Abu Hurairah RA menjawab:

تصدق بصدقة تنوي بها نجاة ولدك وسلامة ما معه

"Bersedekahlah dengan niat agar anakmu selamat, begitupun dengan apa yang ada bersamanya".
Tidak lama kemudian laki-laki itupun pulang dan ia pun bersedekah 1 dirham kepada seorang pengemis dan berdoa :

اللهم هذا فداء ابني زيد وما معه

"Ya Allah ini adalah tebusan anakku Zaid dan yang ada bersamanya".
Berapa hari kemudian, Zaid pulang kerumah. Ayahnya sangat bahagia dengan kembalinya sang anak. Lalu sang ayah mengungkapkan kegundahan dan kekhawatirannya selama Zaid pergi.

Zaid pun bercerita kepada ayahnya bahwa ketika ia bersama sahabat-sahabatnya hampir tenggelam dalam perahu yang mereka tumpangi, tiba-tiba ada suara bahwa tebusan zaid telah diterima.

Suara itu lalu hilang dan tiba-tiba saja ada beberapa laki-laki berpakaian putih datang menuju kami dengan sebuah perahu dan mengantarkan kami kesebuah pulau. Akhirnya kami semua selamat. Lalu kamipun melanjutkan perjalanan.

(Riwayat ini disebutkan oleh Imam Al Absyihy dalam kitab Al Mustathrof 1/41-42.Lihat juga kitab Al-Jawâhir Al-Lu'luiyyah fii syarh al arba'in An Nawawiyyah karya Al hafidz Ad Dimyathi Asy Syafi'i, hal:192-193).

Istilah slametan atau sedekah tolak bala yang lazim kita lihat disekitar kita, bukanlah hal baru. Dimana kita bersedekah sambil berniat agar kita atau keluarga kita atau apapun yang ada pada dan bersama kita selamat dari bahaya dan petaka. Karena sahabat agung Abu Hurairah RA berwasiat demikian pada orang yang datang kepadanya sebagaimana dalam riwayat diatas.

Bahkan Rosulullah SAW bersabda: "Sedekah bisa menutup tujuh puluh pintu marabahaya".
Tuku motor anyar dislameti, nganggoni umah anyar yo slametan, lagi ngadepi masalah yo slametan. Sedekah dengan berharap keselamatan dari Allah memang sangat ampuh.


Mochammad Fuady Abdullah.