Skip to main content

Nasihat Imam Syafii Mengenai rahasia

Nasihat Imam Syafii Mengenai rahasia - Setiap orang yang hidup di dunia ini pastinya punya masalah pribadi, punya rahasia pribadi. Karena hidup bukan tempat yang abadi dan memang tempat penuh ujian.


Karena dunia adalah tempat ujian, maka setiap manusia punya masalahnya sendiri-sendiri termasuk juga rahasia sendiri-sendiri, baik rahasia dirinya dengan pribadinya, ataupun rahasia dirinya dengan orang lain, bahkan rahasia dirinya dengan sang Pencipta.


Memang kita akui, bahwa punya masalah yang di dalamnya terdapat rahasia, seseorang itu cenderung ingin curhat, ingin mengutarakan uneg-uneg dalam hatinya dan lain sebagainya. 

Hal itu wajar, selama itu tidak ada sangkut pautnya dengan dosa dan harga diri. Tapi kalau sudah ada sangkut pautnya dengan dosa dan harga diri, lebih baik simpan rapat-rapat dan hanya diri pribadi yang tau.

Karena kalau sudah menyangkut kedua hal tersebut, dan andalah pelakunya, maka hal itu akan berbahaya bagi anda. 


Imam Syafi'i memberikan warning terkait rahasia yang menyangkut hal ini


إذا المرء أفشى سره بلسانه * ولام به غيره فهو أحمق


Jika seorang membuka rahasianya dengan lidahnya sendiri kemudian orang lain mencelanya karena hal itu, maka sungguh ia adalah orang bodoh

Siapa yang salah kalau sudah begini? 

Tidak ada yang patut disalahkan kecuali diri anda sendiri. Rahasia pribadi kok dibeber di depan umum.

Nah, bagi anda yang ingin mengutarakan masalah dan rahasia pribadi, carilah orang yang tepat untuk anda curhati dan berkeluh kesah. Jangan langsung percaya pada orang lain, siapa pun itu. 

Jadi harus bagaimana dong?

Di mana tempat yang bisa menyimpan rahasia dengan aman?

Tempat ter-aman untuk menyimpan rahasia pribadi adalah hati sendiri.

Kalau ingin curhat yang mau tidak mau nanti rahasia terbongkar bagaimana?

Cari orang yang tepat menurutmu

Kriteria orang yang tepat dan bisa menyimpan rahasia itu bagaimana?


Nah, coba lihat nasihat imam Syafi'i selanjutnya


إذا ضاق صدر المرء عن سرّ نفسه * فصدر الّذي يستودع السّرّ أضيق

Jika dada seseorang sempit untuk menyimpan rahasia dirinya sendiri, ketahuilah bahwa dada orang lain lebih sempit untuk menyimpan rahasianya.


Nah, untuk mencari orang yang tepat, carilah orang yang semacam dalam bait di atas. 


Apakah ada? 

Apakah hati semua orang begitu?


My bee, masih ada orang yang begitu di zaman ini

Ya ndak juga, tapi untuk menemukan orang yang benar-benar bisa menjaga rahasia orang lain di zaman sekarang ini sangatlah sulit sekali. Mencari orang yang semacam itu Bagaikan mencari jarum ditumpukan jerami. Seribu satu boss... 


Jadi, bagi anda yang punya rahasia dan ingin mencurahkan isi hati, ada baiknya anda rem dulu kemauan anda. Jangan langsung percaya, dan simpan sendiri rahasia anda.

No comments: