Skip to main content

Tiga Ukuran Kehebatan Seseorang Menurut Imam Syafi'i

Tiga Ukuran Kehebatan Seseorang - Di masa sekarang yang sering orang sebut sebagai jaman now, banyak orang salah persepsi di dalam mendefinisikan apa dan bagaimana orang yang hebat itu. Hal itu wajar-wajar saja karena sang pemberi definisi memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, sehingga memberikan sebuah definisi yang berbeda.

Berbeda dengan manusia jaman now, berbeda pula dengan manusia jaman old, yang berbeda bukan orangnya, tapi cara pandang dan cara menyimpulkan.

Orang-orang jaman now seperti Bill Gates, donal trum, yang dari manca negara dan juga ada bob sadino dari indonesia sendiri dan tentu banyak pula yang lainnya didalam memberikan definisi dan barometer ukuran kehebatan seseorang. Banyak sekali nasehat-nasehat dan motivasi dari orang-orang tersebut di atas, dan bisa kalian cek dan cari sendiri di google.co.id

Imam Syafi'i adalah termasuk kalangan imam madzhab yang empat dan dikategorikan sebagai orang jaman old, beliau memberikan sebuah barometer kepada kita akan ukuran kehebatan seseorang. 

Beliau tidak memperlihatkan bahwa yang hebat itu yang banyak uang, yang anak istrinya banyak, yang investasinya di sini dan di sana, tidak. Akan tetapi beliau memberikan Ukuran standar kehebatan seseorang sangat sederhana yang mana semua orang bisa melakukan, baik yang kecil dan yang besar, kaya atau yang miskin, yang jelek atau yang cantik dan lain sebagainya, yang mungkin ukuran standar tersebut tidak semua orang bisa melakukan.

Apa saja Ukuran kehebatan seseorang menurut imam Syafi'i?

Imam Syafi'i berkata:

kehebatan seseorang terdapat pada tiga perkara.
  1. Kemampuan menyembunyikan kekurangan dan kemalangan yang menimpa dirinya, sehingga orang lain menyangka dirimu adalah seorang yang berkecukupan karena kamu tidak pernah meminta. 
  2. Kemampuan menyembunyikan amarah, sehingga orang mengira dirimu merasa ridha. 
  3. Kemampuan menyembunyikan kesusahan, sehingga orang lain mengira dirimu selalu senang. 
(Kitab manaqib Imam Syafi'i, karya Al Baihaqi, 2/188)

Sekian dulu catatan Tiga Ukuran Kehebatan Seseorang menurut imam syafi'i, Semoga bermanfaat