Skip to main content

ZIARAH KUBUR BAGI WANITA.


Hukum Ziarah Kubur Bagi Wanita - Persoalan ini sebenarnya sudah sering dikaji para ulama. Saya coba memindahkan aqwal (beberapa pendapat para ulama) mereka disini.

Syekh Hasan Al Adawy dalam kitab "Masyâriqul Anwâr fî fauzi ahlil i'tibâr" berkata: Imam Al-Qostholany berkata dalam kitab "Mawâhib Al Ladunniyyah" bahwa para ulama sepakat tentang kesunnahan ziarah kubur sebagaimana dikatakan Imam Nawawi RA. Bahkan menurut madzhab Adz-Dzohiriyyah ziarah kubur hukumnya wajib.

Ijma' kesunnahan ziarah kubur ini adalah bagi laki-laki. Sedangkan yang nampak jelas perbedaannya dalam madzhab Syafi'i adalah ziarah kubur bagi para wanita,dimana yang paling menonjol dalam madzhab ini adalah makruh.

Menurut Syekh Ahmad Farid Al-Mazidy bahwa yang memberi kebebasan (tidak makruh) wanita ziarah kubur adalah Imam Malik,sebagian kalangan Syafi'iyyah, sebagian Hanafiyyah, satu riwayat dari Imam Ahmad dan kebanyakan para ulama juga memperbolehkannya tanpa makruh.

Diantara yang menjadi sandaran pendapat ini adalah hadits dari Abdullah bin Abi Mulaikah RA bahwa Sayyidah Aisyah RA pada suatu ketika kembali dari ziarah kubur, aku (Ibnu Mulaikah) bertanya darimanakah engkau wahai ummul mukminin?. 

Sayyidah Aisyah RA menjawab dari kuburan saudaraku Abdurrahman bin Abu bakar RA.lalu aku bertanya; bukankah Rosulullah SAW telah melarang wanita ziarah kubur?. 

Lalu beliau menjawab: Pada awalnya benar, Rosulullah SAW melarang, namun kemudian Rosulullah SAW memerintahkannya". (HR.Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubro 4/78 dan Al Hakim dalam Al Mustadrok 3/420). Imam Hakim Dan Al Hafidz Adz-Dzahabi menilai hadits ini Shohih.

Begitu juga dengan Sayyidah Fathimah Binti Rosulillah SAW berziarah kubur ke pamannya (Sayyidina Hamzah RA) setiap hari jumat,sholat dan menangis di samping kuburan Sayyidina Hamzah RA. (HR.Al Hakim 3/424,10/103 dan Al Baihaqi 4/78).

Al Hafidz Al Imam Ibnu Hajar dalam kitab At Talkhish Al Habir fii Takhrîj Ahâdîts Ar Rôfi'i Al Kabir 2/400,berkata:

Sebagian dalil pembolehan wanita berziarah kubur adalah hadits yang di riwayatkan Imam Muslim 5/102 dari Aisyah RA:"Ya Rosulalloh apa yang saya baca ketika saya berziarah kubur?,Nabi SAW dawuh:Ucapkanlah :

السلام على أهل الديار من المؤمنين ويرحم الله المستقدمين منا والمستأخرين وإنا إن شآء الله بكم لاحقون.


Mochammad Fuady Abdullah.