Skip to main content

Abdullah Ibn Mas’ud (W. 32 H) Mendawamkan Surat al-Waqi’ah Setiap Malam

Abdullah Ibn Mas’ud (W. 32 H) Mendawamkan Surat al-Waqi’ah Setiap Malam - Siapa yang tidak mengenal Ibn Mas’ud salah seorang yang dekat dengan rasulullah, pelayan setia rasulullah dan juga qari’ yang suaranya merdu. Hampir disetiap perjalanan maupun peperangan Abdullah Ibn Mas’ud tidak pernah absen.

Beliau merupakan salah seorang sahabat yang masuk Islam ke-22, dan beliau termasuk sahabat yang senior dan keilmuannya tidak diragukan lagi. Beliau kurus dan agak pendek, namun keimanannya sangat kuat. (Lihat: Siyar A’lamin Nubala’, Jilid: 1/463-465).

Beliau juga merupakan pendiri pusat studi tafsir di Iraq. Beliau juga pernah berujar: “Tidaklah satu ayatpun di dalam al-Qur’an kecuali saya mengetahui kapan ia diturunkan, di mana dia diturunkan dan kepada siapa diturunkan”.

Beliau setiap malam Membaca surat al-Waqi’ah dan seminggu sekali beliau mengkhatamkan al-Qur’an serta mengajak para sahabat untuk berdo’a bersama.

Umar Ibn Khattab memuji beliau: “Sebuah wadah yang dipenuhi dengan samudera Ilmu”, beliau meriwayatkan kurang lebih 848 hadits yang tersebar diberbagai kitab shohih maupun sunan. (Lihat: Tuhfatul Kiram, Hal. 22-23).

Beliau wafat pada masa khalifah Utsman Ibn ‘Affan pada usia 60 tahun di Madinah al-Munawwarah pada tahun ke-32 H.

Maka bagi siapa yang membaca surat al-Waqi’ah setiap harinya dia secara tidak langsung mengikuti amalan Abdullah Ibn Mas’ud.

Semoga dengan amalan-amalan kecil kita, bisa menghantarkan kita untuk dikumpulkan bersama orang-orang shalih di akhirat kelak Aamien Allahumma Aamien.

Al-Faqir Ila Allah, ZA.