Skip to main content

Apakah Kamu Tahu apa itu CINTA?

Apa itu Cinta?

Cinta, mudah keluar dan terlontar dari lisan, tapi pembuktian akan cinta, tidak semudah lidah mengucapkannya. 

Banyak ragam kisah cinta yang sudah melegenda di dunia, begitu pula dengan retorika cinta yang mengandung berjuta makna yang terkemas dalam bentuk narasi puitis.

Tapi kalau kita melihat perilaku para sahabat nabi akan cintanya pada baginda nabi, bukan hanya terhenti pada rentetan kata yang tersusun indah saja, melainkan pada perbuatan dan sikap, dan ini lebih Mengena pada makna dan hakekat cinta

Mari kita lihat Cinta mereka pada baginda nabi Muhammad


1. Seorang wanita dari Bani Dinar rodiallahu 'anha


ﺍﻟﺤــــــُﺐ ﻫﻮ ﺍﻣﺮﺃﺓ من ﺑﻨﻲ ﺩﻳﻨﺎﺭ ﺣﻴﻦ ﻳﺨﺮﺝُ ﺯﻭﺟﻬﺎ ﻭﺃﺑﻮﻫﺎ ﻭﺃﺧﻮﻫﺎ ﺇﻟﻰ ﺃﺣﺪ فيستشهدون جميعاً في سبيل الله ﻭﻳُﻨﻌﻮﻥ ﻟﻬﺎ ﻓﺘﺮﻯ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﷺ ﻓﺘﻘﻮﻝ : ﻛﻞ ﻣﺼﻴﺒﺔ ﺑﻌﺪﻙ ﺟﻠﻞ


CINTA adalah seorang wanita dari Bani Dinar ketika suaminya, anaknya, dan saudara laki-lakinya keluar ke Uhud lalu mereka semua mati syahid di jalan Allah dan ketika orang-orang berbelasungkawa kepadanya, lalu dia melihat Rasulullah SAW, maka ia berkata:  setiap musibah setelah (melihatmu) adalah kecil...!


2. Shohabat Tsauban rodiallahu 'anhu

ﺍﻟﺤــــــُﺐ ﻫﻮ ﺛﻮﺑﺎﻥ ﺣﻴﻦ ﻳﺴﺄﻟﻪُ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ : ﻣﺎ ﻏﻴَّﺮ ﻟﻮﻧﻚ؟

ﻓﻴﻘﻮﻝ : ﻣﺎﺑﻲ ﻣﺮﺽٌ ﻭ ﻻﻭَﺟﻊ ﺇﻻ ﺃﻧِّﻲ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﺃﺭَﻙَ ﺍﺳﺘﻮﺣﺸﺖُ ﻭﺣﺸَﺔ ﺷﺪﻳﺪَﺓ ﺣﺘﻰ ﺃﻟﻘﺎﻙ

CINTA  adalah Tsauban ketika ditanya oleh Rasulullah SAW : apakah yang mengubah warnamu?, maka dia menjawab:  tidak ada penyakit atau keluhan pada diriku kecuali bahwa apabila aku tidak melihatmu aku merasa sepi dengan kesepian yang sangat hingga aku berjumpa denganmu ...


3. Shohabat Abu Bakar rodiallahu 'anhu

ﺍﻟﺤُــــــﺐ حين ﻳﻘﻮﻝ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ : ﻛﻨﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻬﺠﺮﺓ، ﻓﺠﺌﺖ ﺑﻤﺬﻗﺔ ﻟﺒﻦ ﻓﻨﺎﻭﻟﺘﻬﺎ ﻟﺮﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ 

ﻭﻗﻠﺖ ﻟﻪ : ﺍﺷﺮﺏ ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ

ﻳﻘﻮﻝ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ : ﻓﺸﺮﺏ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺣﺘﻰ ﺍﺭﺗﻮت

CINTA itu ketika Abu Bakar berkata:  pada saat hijrah, aku membawa semangkuk susu lalu aku berikan kepada Rasulullah SAW dan aku katakan kepada beliau:  minumlah wahai Rasulullah. 

Abu Bakar berkata:  maka Nabi meminumnya hingga aku aku merasa kenyang...


4. Shohabat Rabi'ah bin Ka'ab rodiallahu 'anhu 

ﺍﻟﺤُــــــﺐ ﻫُﻮ ﺭﺑﻴﻌﺔ ﺑﻦ ﻛَﻌﺐ ﺣﻴﻦَ ﻳﺴﺄﻟﻪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﷺ ﻣﺎﺣﺎﺟﺘﻚ ؟

ﻓﻴﻘﻮﻝ : ﺃﺳﺄﻟﻚ ﻣﺮﺍﻓﻘﺘﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻨﺔ

CINTA adalah Rabi'ah putra Ka'ab ketika ditanya oleh Rasulullah SAW : apa keperluanmu?

Maka dia menjawab:  Aku minta menemanimu di surga ...! 


5. Shohabat Bilal bin robbah rodiallahu 'anhu

الحُــــــــب ﻫُﻮ ﺑﻼﻝ ﺣﻴﻦَ يعتزل ﺍﻷﺫﺍﻥِ ﺑﻌﺪ ﺭﺣﻴﻞ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﷺ ﻓﻠﻤﺎ ﺃﺫﻥَ ﺑطلب من ﻋُﻤﺮ عند فتح بيت المقدس ﻟﻢ ﻳُﺮ ﻳﻮﻣًﺎ ﻛَﺎﻥ ﺃﻛﺜﺮَ ﺑﻜﺎﺀً ﻣﻨﻪ عندما قال أشهد  أن محمداً رسول الله

CINTA adalah Bilal ketika menjauh dari (mengumandangkan) adzan setelah kepergian Rasulullah SAW, lalu ketika dia mengumandangkan adzan lagi atas permintaan Umar ketika pembebasan Baitul Maqdis, tidak pernah terlihat seharipun dia menangis melebihi ketika dia mengucapkan:  Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah...!


6. Shohabat abu Bakar rodiallahu 'anhu

ﺍﻟﺤــــــُﺐ ﻋﻨﺪﻣﺎ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﺼﺪﻳﻖ ﻟﻠﺮﺳﻮﻝ ﷺ ﻗﺒﻞ ﺩﺧﻮﻝ ﺍﻟﻐﺎﺭ: ﻭ ﺍﻟﻠﻪ ﻻ ﺗﺪﺧﻠﻪ ﺣﺘﻰ ﺃﺩﺧﻞ ﻗﺒﻠﻚ، ﻓﺈﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﺷﺊ ﺃﺻﺎﺑﻨﻲ ﺩﻭﻧﻚ

CINTA adalah ketika Sang Pembenar (Abu Bakar) berkata kepada Rasulullah SAW sebelum masuk gua: demi Allah jangan engkau memasukinya hingga aku masuk sebelum engkau, maka apabila di dalamnya ada sesuatu, maka ia menimpaku tanpamu ... !


7. Shohabat Ali karromallahu wajhahu

الحُــــــب هو عليٌّ حين ينام بدلاً من الرسول ﷺ في فراشه وهو يعلم أن القوم اجتمعوا لقتل الرسول ﷺ وأنه قد يموت على نفس الفراش

CINTA adalah Ali ketika tidur menggantikan Rasulullah SAW di atas pembaringan beliau padahal dia mengetahui bahwa orang-orang telah berkumpul untuk membunuh Rasulullah SAW dan bahwa dia bisa saja mati di atas pembaringan tersebut ...!


8. Cinta baginda nabi terhadap Sayyidah Aisyah rodiallahu 'anha

"ﺍﻟﺤُـــــــﺐ ﺣﺮﻓﻴﺎً ﻭﻓﻌﻠﻴﺎً، ﻳﺘﺠﺴّﺪ ﻓﻲ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺮﺳﻮل ﷺ "ﻻﺗﺆﺫﻭﻧﻲ ﻓﻲ ﻋﺎﺋﺸﺔ

CINTA itu, secara leterleg dan perbuatan, terwujud dalam sabda Rasulullah SAW:  Janganlah kalian menyakiti aku dalam Aisyah ... !


Dan masih banyak bentuk cinta dari para shohabat terhadap baginda nabi yang terpola dalam kerangka perbuatan, bukan sekedar ucapan. kalau hanya ucapan, mungkin sudah tidak bisa dihitung jumlah katanya dalam memuji, mengagumi dan mencintai baginda nabi.

No comments: