Skip to main content

DUA HAL YANG REMEH TAPI TERMASUK TERBAIK DALAM ISLAM.

Dua Hal yang Remeh Tapi Termasuk Terbaik Dalam Islam - Perbuatan/perkerjaan ini sangatlah remeh-temeh, dan bisa dipastikan hampir semua orang Islam bisa mengerjakannya. Baik itu dari yang kaya, yang miskin, yang tampan, yang jelek, yang sehat, yang sakit dan lain sebagainya.

Tapi meskipun perbuatan ini remeh, bukan berarti nilainya remeh pula disisi Allah, Akan tetapi bernilai sangat Luar bisa, apa saja kedua hal tersebut:

عن عبد الله بن عَمرو بن العاص رضي الله عنهما، أن رجلاً سأل النبيّ صلى الله عليه وسلم : أيّ الإسلام خير ؟ فقال : تطعم الطعام وتقرأ السلام على من عرفت ومن لم تعرف
(( رواه الشيخان والنسآئي))

Dari Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash RA, ada seorang lelaki bertanya kepada Nabi SAW: "Ya Rosulalloh,apa saja amal yang terbaik dalam islam?". Nabi SAW menjawab : "Memberi makan dan menebar (salam) keselamatan kepada orang yang kau kenal maupun tidak kau kenal".
(HR.Bukhori 1/52-53,Muslim 1/65 dan An Nasa-i 8/107).


Kalimat khoir ( خير ) adalah isim tafdhil (kata yang menunjukkan makna lebih/paling) dan bukan sekedar sifat, karena dalam islam, semua hal yang ada didalamnya adalah baik dan tidak ada keburukan sedikitpun.

Sebagian ulama memaknai kalimat

أيّ الإسلام خير ؟

dengan makna

أيّ خصال الإسلام أكثر نفعاً وأفضل ثواباً؟

perkara apa dalam islam yang banyak manfaat dan besar pahalanya?

Dalam hadits diatas mencakup dua hal penting dalam islam yaitu memberi makan dan menebar kedamaian diantara manusia.

Pertama, bersedekah makanan. Memberi makan kepada orang lain termasuk kebaikan yang paling utama dan menjadi sebab tumbuhnya rasa saling menyayangi.

Dalam sebuah hadits shohih disebutkan bahwa sedekah bisa jadi sebab menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. Begitupun hadits riwayat Muslim : "Jagalah dirimu dari api neraka walau hanya dengan sedekah sebiji kurma". (HR.Muslim 2/704).

Sedangkan Salam (keselamatan) merupakan dambaan setiap manusia. Baik selamat dunia maupun keselamatan akhirat.

Allah menjadikan salam ini sebagai penghormatan kaum mukminin satu dan lainnya didalam surga.

Allah berfirman :

تحيتهم فيها سلام

Juga sebagai penghormatan Allah kepada Ahlul jannah sebagaimana firmanNya:

سلام قولا من رب رحيم

Penyebaran salam, keselamatan dan kedamaian juga menjadi sebab lekatnya rasa kasih sayang diantara sesama. Nabi SAW bersabda:

لا تدخلون الجنة حتى تؤمنوا ولا تؤمنوا حتى تحابوا . أولا ادلكم على شيء إذا فعلتموه تحاببتم ؟ أفشوا السلام بينكم
(رواه مسلم)

"Tidak akan masuk surga kecuali kalian beriman. Dan iman kalian tidak bisa sempurna melainkan kalian sudah saling mencintai satu sama lain. Aku tunjukkan sesuatu kepada kalian jika kalian lakukan maka kalian akan saling mencintai. Tebarkan salam diantara kalian". (HR. Muslim 1/74).

Begitupun ketika Nabi SAW datang ke Madinah dan disambut para sahabat Anshor.Pertama kali pesan yang Rosulullah SAW sampaikan adalah:

ايها الناس ! أفشوا السلام وأطعموا الطعام وصلّوا بالليل والناس نيام، تدخلوا الجنة بسلام

"Wahai manusia,tebarkan salam,berilah makan,sholat malamlah sementara yang lain tidur,maka kalian akan masuk surga dengan selamat". (HR.At Tirmidzi 7/183).

Semoga tulisan tentang Dua Hal yang Remeh Tapi Termasuk Terbaik Dalam Islam bermanfaat.

Mochammad fuady Abdullah.