Skip to main content

BASMALAH ADALAH AYAT PERTAMA SURAT AL-FÂTIHAH.

BASMALAH ADALAH AYAT PERTAMA SURAT AL-FATIHAH. - Para sahabat, tabi'in, fuqoha dan Ushuliyyin terjadi perbedaan pendapat tentang Basmalah dalam surat Al fatihah.

Ibnu Abbas, Ibnu Umar, Ibnu Zubair dan beberapa sahabat lainnya mengatakan bahwa ayat pertama surat Al Fatihah adalah Basmalah.

Hal tersebut juga diikuti oleh generasi selanjutnya dari para tabi'in dan para ulama setelahnya, diantaranya Makhul, Thowus, Atho', Ibnu Al Mubarok, Ibnu Syihab dan lain-lain.

Makhul, Lengkapnya adalah Makhul bin Abi Muslim Syahrob bin Syadzil Abu Abdullah al Hudzaly. Beliau temasuk Huffadzul Hadits. Beliau adalah Faqîh Asy Syam dimasanya.Berasal dari Persia namun dilahirkan di kabul,Afghanistan. Wafat di Damaskus tahun 112 H.

Thowus, Beliau adalah Thowus bin Kisan/Kaisan Abu Abdillah Al Yamany Al Khoulany Al Hamdany. Beliau termasuk pembesar tabi'in, Faqîh dan perowi hadits. Asal leluhurnya dari Persia, hanya saja lahir dan tumbuh besar di yaman. Wafat saat menunaikan ibadah haji tahun 106 H.

Ibnu Al Mubarok. Beliau adalah Abdullah bin mubarok bin Wadhih Al Handzoly Al Marwazy Abu Abdirrahman. Beliau adalah Al Hafidz, Syaikhul Islam, Mujahid sekaligus saudagar besar. Beliau banyak menghabiskan usianya diperjalanan, Haji, jihad dan berniaga. Beliau juga banyak hafal hadits, fiqh dan sastra. Terkenal dengan keberanian dan kedermawanannya. Tinggal di Khurasan, iran. Wafat sepulang dari mengikuti peperangan dengan pasukan romawi. Beliau juga mengarang beberapa kitab, diantaranya adalah kitab "jihad" dan "Ar Roqô-iq".

Ibnu Syihab. Beliau adalah Muhammad bin Muslim bin Abdullah bin Syihab Al Zuhry, dari Bani Zuhroh bin Kilab, suku Quroisy. Beliau termasuk barisan pertama yang membukukan hadits. Beliau juga termasuk Al Hafidz dan Faqîh, generasi Tabi'in dari Madinah. Beliau hafal 2200 hadits, yang separuh berbentuk musnad. Beliau akhirnya tinggal di Syam. Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah menulis surat untuk para pegawainya: "Banyak mengajilah kalian pada Ibnu syihab, karena dia adalah orang yang paling tahu tentang sunnah".

Pendapat dari kalangan madzhab yang mengatakan bahwa Basmalah merupakan ayat pertama dari surat Al Fatihah adalah Madzhab Asy Syafi'i, Ibnu Wahb Al Maliky, Ahmad bin Hanbal, Ishaq, Abu Ubaid dan lain-lain.

Ibnu Wahb Al Maliky. Beliau adalah Abdullah bin Wahb bin Muslim Al Fihry. Seorang Imam yang Faqîh, termasuk murid dari Imam Malik. Diantara karyanya adalah kitab "Al jami' fi Al Hadits".Wafat di Mesir tahun 197 H.

Mochammad Fuady abdullah.