Skip to main content

BENARKAH JIN MUKMIN MASUK SURGA?

Status Jin Mukmin, Apakah Masuk Surga Atau Tidak - Menurut Aswaja bahwa Gusti Allah mengutus Kanjeng Nabi Muhammad SAW bukan hanya untuk manusia, tapi juga untuk para jin. Mereka para jin juga ditaklif sebagaimana dari para mukallaf manusia.Lihat dalil lengkapnya dalam surat Al Ahqof ayat 29-32,juga lihat surat Jin.

Imam Al Jibly Rohimahulloh menjelaskan bahwa terjadi ikhtilaf ulama, apakah jin mukmin masuk surga sebagaimana mereka yang beriman dari kalangan manusia?.

Sebagian mengatakan bahwa pahala jin mukmin ini berupa selamatnya mereka dari neraka saja. Para ulama mentakwil firman Allah:

يغفر لكم من ذنوبكم ويجركم من عذاب أليم.

"Maka Allah mengampuni dosa kalian dan menyelamatkan kalian dari siksa yang menyakitkan".

Firman Allah ini sebagai Jawab amar dari firmahNya:

ياقومنا أجيبوا داعي....

"Wahai kaum kami,penuhilah panggilan dakwah.....". Yang dimaksud adalah dakwah Rosulullah.

وأمنوا به...

"Dan berimanlah padanya....".

Ini menunjukkan bahwa Kanjeng Nabi SAW diutus kepada bangsa jin juga disamping manusia.

Muqotil berkata: "Allah tidak pernah mengutus Nabi untuk jin dan manusia sebelumnya.Hanya kanjeng Nabi SAW yang diistimewakan dengan risalah bagi kedua makhluk ini.Pendapat pertama ini dipegang oleh Imam Abu hanifah dengan berhujjah riwayat dari Abu Allaits,bahwa dia berkata:

الجن ثوابهم أن يجاروا من النار ، ثم يقال لهم : كونوا ترابا مثل البهائم.

"Pahala jin adalah diselamatkannya mereka dari neraka.Lalu diucapkan kepada mereka:"Jadilah kalian debu sebagaimana hewan".

Pendapat lainnya mengatakan:"Jika jin disiksa karena perbuatan buruknya,maka jin pun berhak mendapat pahala dari amal baiknya sebagaimana manusia.Pendapat ini dipegang Imam malik dan Ibnu Abi Laila,dengan dalil apa yang diriwayatkan dari Adh Dhohhak bahwa dia berkata:

الجن يدخلون الجنة ويأكلون ويشربون.

"Jin masuk surga.Mereka makan dan minum didalamnya".Ini adalah pendapat yang lebih tepat,karena sebagian dari jin yang buruk perbuatannya masuk neraka.Dalilnya adalah firman Allah:

لأملأن جهنم من الجنة والناس أجمعين.

"Benar-benar aku masukan sebagian jin dan manusia ke jahannam".Melihat ayat ini berarti sebagian jin dan manusia yang berbuat baik dan beriman pasti masuk surga.Wallohu a'lam.

Lihat Al Bustan fî i'rôb musykilât Al Quran,hal:660-661.Lihat juga dalam Al Kasyfu wa Al Bayan karya Ats Tsa'laby 9/23,Syarh Shohih Muslim Li An Nawawy 4/169,Tafsir Al Qurthuby 16/217,218 dan 19/189,Tafsir Ibnu Katsir 4/184,Fathul Bary 6/246 dan Ad Dur Al Mantsur li As Suyuthy 6/310.

NB.Kesimpulannya pendapat pertama bahwa jin kelak menjadi debu.Sedangkan pendapat kedua bahwa jin kelak masuk surga.Wallohu a'lam.

Mochammad Fuady Abdullah.