Skip to main content

Fadhilah Menyambung Silaturrahim


ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺃﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ :
ﻣَﻦْ ﺳَﺮَّﻩُ ﺃَﻥْ ﻳُﻤَﺪَّ ﻟَﻪُ ﻓِﻲ ﻋُﻤْﺮِﻩِ ﻭَﻳُﺰَﺍﺩَ ﻓِﻲ ﺭِﺯْﻗِﻪِ ﻓَﻠْﻴَﺒَﺮَّ ﻭَﺍﻟِﺪَﻳْﻪِ ﻭَﻟْﻴَﺼِﻞْ ﺭَﺣِﻤَﻪُ )). ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺻﺤﻴﺢ .((


Rosulullah SAW dawuh :
"Barang siapa yang ingin dipanjangkan usianya, ditambah rizqinya, maka berbuat baiklah kepada kedua orang tua dan sambunglah silaturrahim". 
(HR. Ahmad dengan Sanad Shohih ‏) .

Dipanjangkan usia ada yang memaknai secara dzohir, dengan kata lain benar-benar Allah panjangkan usianya dan ada yang memaknai dengan keberkahan.
Artinya usianya tetap tidak berubah sebagaimana ditetapkan dizaman azalinya, namun usia (hidup)nya diberkahi Allah SWT. Dengan kata lain usianya banyak dihabiskan dalam kebaikan.

Sedangkan pengertian rizqipun ada yang memaknai rizqi secara nyata, berupa harta. Artinya Allah akan memudahkan jalan rizqi, baik dalam usahanya bekerja, berbisnis bahkan dalam hal usahanya mendapatkan pekerhaan. In Sya Allah akan dimudahkan.

Ada juga yang memaknai dengan makna umum seperti rizqi berupa kesehatan, anak-anak yang sholih, cedas, rizqi berupa keselamatan dalam pekerjaan dan lainnya .
Semoga kita bisa menjadi anak yang berbakti bagi kedua orang tua kita.

M. Fuady Abdullah