Skip to main content

Jin Yang Suka Mengganggu Kekhusyu'an Sholat Itu Namanya Khinzab atau Khonzab


JIN ITU BERNAMA KHINZAB.
ﻋﻦ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺃﺑﻰ ﺍﻟﻌﺎﺹ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻗﻠﺖ ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ .. ﺇﻥ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻗﺪ ﺣﺎﻝ ﺑﻴﻨﻲ ﻭﺑﻴﻦ ﺻﻼﺗﻲ ﻭﻗﺮﺍﺀﺗﻲ ﻳﻠﺒﺴﻬﺎ ﻋﻠﻲّ ، ﻓﻘﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ :)) ﺫﻟﻚ ﺷﻴﻄﺎﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺧﻨﺰﺏ ، ﻓﺈﺫﺍ ﺃﺣﺴﺴﺘﻪ ﻓﺘﻌﻮﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻭﺍﺗﻔﻞ ﻋﻦ ﻳﺴﺎﺭﻙ ﺛﻼﺛًﺎ .(( ﻓﻔﻌﻠﺖ ﺫﻟﻚ ﻓﺄﺫﻫﺒﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻲ .

Dari Utsman bin Abil 'Ash RA, aku bertanya kepada Rosulullah SAW, ya Rosulalloh sesenugguhnya syaitan itu sering menghalangi dan mengganggu bacaanku dalam sholat. Lalu Rosulullah SAW dawuh: "Itu adalah syaitan. Namanya Khinzab. Jika engkau merasa diganggu olehnya, maka mohonlah perlindungan kepada Allah, lalu meludahlah kearah kiri tiga kali". Maka aku lakukan itu dan Allah menghilangkan gangguan itu.(( HR. Muslim, bab Ar Ruqo wa Aththib 2203)).

Dalam kamus Ash Shihah, makna khinzab ( ﺧﻨﺰﺏ ) adalah ﺍﻟﻐﻠﻴﻆ ﺍﻟﻘﺼﻴﺮ besar menyeramkan tapi pèndèk. 
Abu Al Abbas Al Qurthuby dalam Al Mufhimnya 5/592 mengatakan syaitan ini disebut khinzab karena dia kadang memperlihatkan dirinya dalam bentuk yang besar tapi pendek.

Para ulama berbeda pada kalimat khinzab (ﺧﻨﺰﺏ ). 
Ada yang mengatakan KHINZAB (ﺧِﻨﺰﺏ ) dengan kasroh huruf Kho' nya. 
Ada yang mengatakan KHONZAB (ﺧَﻨﺰﺏ ) dengan fathah Kho' nya. 
Keduanya sama masyhur.

Namun ada juga sebagian yang mengatakan KHUNZAB (ﺧُﻨﺰﺏ ) dengan dhommah Kho'nya sebagaimana yang disebutkan Ibnu Al Atsir dalam kitab Nihayatul Ghoribnya.

Seperti dalam hadits diatas dijelaskan cara meludahnya kearah kiri, bukan kekanan atau kedepan, kecuali jika kita bisa meludahnya kebawah dekat kaki kita. Karena maksud kedepan adalah ketempat sujud. Demikian sebagian tafshil ulama.

Mochammad Fuady Abdullah.