Skip to main content

Jagalah Akalmu, Karna ia Adalah Harta Yang Paling Berharga


ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻮﺭﺩﻱ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﻣﻈﻔﺮ ﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﻔﻮﺍﺭﺱ ﺯﻳﻦ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺑﻦ ﺍﻟﻮﺭﺩﻱ ﺍﻟﻤﺼﺮﻱ ﺍﻟﻜﻨﺪﻱ ﺍﻟﺸﺎﻋﺮ ﺍﻷﺩﻳﺐ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ :
ﻭﺍﻫْﺠُﺮِ ﺍﻟﺨﻤﺮﺓَ ﺇﻥ ﻛﻨﺖَ ﻓﺘًﻰ ● ﻛﻴﻒ ﻳَﺴْﻌَﻰ ﻓﻲ ﺟﻨﻮﻥ ﻣﻦ ﻋﻘﻞ
Ibnu Al Wardy Al Mishry Asy Syafi'i dawuh :
"Jangan biarkan masa mudamu hancur dengan mabuk-mabukanan. Bagaimana mungkin masa depan gemilang bisa diraih jika akalmu tiap saat dirusak dengan minuman keras".(Lâmiyyah Ibnu Al Wardy,Hal:24 ‏) .

Sayangi diri dengan menjaga akal yang Allah anugerahkan. Jangan rusak dengan minuman keras dan hal-hal lain yang memabukkan dan menghilangkan akalmu .

Diantara kemuliaan manusia yang Allah bedakan dengan binatang adalah fasilitas akal, bukan daging dan tulang yang membalut tubuh kita.

Para ulama berbeda tentang makna akal ini. Ada yang berpendapat maksud dgn akal dalam syair diatas adalah ‏( ﺍﻟﻌﻠﻢ ‏) ilmu. Dalam makna ini berarti manusia hidup harus dihiasi ilmu. Tanpa ilmu akan sulit meraih kemuliaan, kesuksesan dan kebahagiaan.

Ada yang mengatakan makna akal diatas adalah ﻗﻮﺓ ﻳﻤﻴﺰ ﺑﻬﺎ ﺑﻴﻦ ﺣﻘﺎﺋﻖ ﺍﻟﻤﻌﻠﻮﻣﺎﺕ atau kekuatan intelektual untuk mengetahui realitas pengetahuan. Menurut ulama dengan insting intelektual ini, seseorang pada akhirnya bisa menangkap makna hidup yg sesungguhnya. Di
perlukan taammul, tadabbur dan tafakkur dalam pengertian ini.

Ulama mutakallimin memaknai akal diatas dengan ﻗﻠﺐ atau hati. Dimana hati adalah tempat cahaya/Nurul ilahiyyah sebagai penggerak laku manusia. Emalasi ketuhanan ini biasanya diraih melalui rihlah dan harokah batiniyyah dengan memperbanyak dzikir khofi dan muroqobah.

M.Fuady Abdullah