Skip to main content

KALAM HIKMAH

Mungkin ataukah Mustahil


ﺳﺄﻝ ﺍﻟﻤُﻤﻜِﻦُ ﺍﻟﻤﺴﺘﺤﻴﻞَ : ﺃﻳﻦ ﺗُﻘﻴﻢُ ؟ ﻓﺄﺟﺎﺑﻪ : ﻓﻲ ﺃﺣﻼﻡ ﺍﻟﻌﺎﺟﺰ

Si mungkin bertanya kepada mustahil : "Dimana kamu berada?".
Mustahil pun menjawab : "Saya ada dalam mimpi orang-orang pesimis dan lemah".

Muhammad Ali Petinju legendaris Amerika pernah berkata bahwa : "tidak ada yang tidak mungkin jika ada usaha dan kerja keras".

Muhammad Ali Sang petinju legendaris yang berangkat dari keluarga biasa dan tidak terkenal, namanya melambung dan populer dipentas tinju dunia karena usaha dan kerja kerasnya.
Dunia, khususnya di kalangan per"jotos"an, nama Muhammad Ali tetap dikenang tak lekang dimakan usia zaman.

Dari sini kita tahu bahwa banyak hal yang memang tersedia ruang atau kesempatan untuk mewujudkan hal-hal yang bisa jadi mustahil untuk bisa digapai sebelumnya. Tapi faktanya banyak disekitar kita keajaiban-keajaiban itu terjadi, baik disadari maupun tidak. Diplaning atau sekedar ngluyur saja. Terlebih jika diusahakan disertai doa, diformat dengan baik dan gigih diperjuangkan, maka bukan tidak mungkin harapan demi harapan itu tercapai, Asa demi asa terwujud.

Indonesia yang kita cintai ini jika kita optimis bisa maju, bangkit dan kuat, sangat mungkin menjadi nyata apabila semua komponen dan elemen bangsa ini mau berusaha bersama. Menjadi rukun dan guyub bukanlah hal yang mustahil, jika semua mau mengusahakannya. Menghargai sekat-sekat perbedaan tanpa saling menjatuhkan. Menghormati perbedaan pilihan tanpa merusak ukhuwah dan ikatan kita sebagai warga bangsa yang sama.

Mochammad Fuady Abdullah.