Skip to main content
Cak Rojak

follow us

Pilih Kategori Anda

SAHABAT AGUNG INI YASINAN TIAP JUM'AT

Surat yasin termasuk surat istimewa dalam Al-Qur'an, sehingga dibelahan dunia islam, surat ini menjadi favorite kaum muslimin untuk selalu dibaca, disamping juga membaca surat-surat lainnya.

Banyak dalil yang menunjukkan keistimewaan surat yasin. Diantara hadits-hadits tentang keutamaan yasin ini oleh para ulama ahli hadits ada yang derajatnya dhoif, hasan dan shohih.

Almuhim (hal terpenting yang terdapat pada) surat yasin adalah salah satu surat dalam Al-Qur'an yang punya kedudukan tersendiri.

Kita ambil satu hadits saja misalnya,Nabi SAW dawuh:

ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﻳﺲ ﻓﻰ ﻟﻴﻠﺔ ﺍﺑﺘﻐﺎﺀ ﻭﺟﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ

"Barang siapa membaca surat yasin malam hari karena Allah, maka Allah ampuni dosa-dosanya".(HR. Ath Thobroni 1/255, Abu Ya'la 11/93, Abu Nu'aim dalam Hilyatul Aulia 2/159,Al Baihaqy 2/480, Ibnu Hibban 6/312).

Hadits diatas dari Jundub bin Abdillah RA, Juga ada yang dari Abu Hurairah melalui jalur Hasan Al Bashri yang melalui jalur ini ada beberapa perowi yg dianggap dhoif, namun oleh para ulama setelah dikumpulkan beberapa syawahidnya maka nilai hadits ini adalah Hasan lighorihi.

Ada seorang sahabat senior yang merutinkan membaca surat yasin tiap jumat. Beliau bernama 'Ammar bin Yasir RA, Sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Sa'd dalam Arh Thobaqôt Al Kubronya 3/255 dan Ibnu 'Asakir dalam kitab Tarikh Madinah Dimasyq 43/440.

'Ammar bin Yasir RA, beliau beserta ibunya (bernama Sumayyah RA) juga ayahnya pernah di dawuhi Rosulullah SAW: "Sabarlah wahai keluarga Yasir, sesungguhnya tempat kalian nanti adalah surga". (HR.Ath Thobroni 24/303). Hadits ini dari Utsman bin Affan RA.

Menurut Al Hafidz Imam Ibnu Hajar Al Haitsami dalam kitabnya Majma' Az Zawa-id 9/293, hadits riwayat Ath Thobroni dalam "Al Kabir", semua rijalul haditsnya tsiqôt. Imam Ath Thobroni dalam kitab lainnya yaitu Al Ausath 2/141 dan Al Hakim dalam Al Mustadrok 3/439 mempunyai jalur lainnya riwayat Jabir bin Abdillah RA, dimana Al Hafidz Imam Ibnu Hajar Al haitsamy dalam Majma' Az Zawa-id 9/293 menilai hadits dari riwayat Jabir RA ini semua rijalul haditsnya shohih, selain Ibrahim bin Abdul Aziz yang dinilainya Tsiqot.

Kesimpulannya jika di negeri kita bahkan di negara-negara lain banyak jam'iyyah yasinan yang membaca secara rutin surat yasin malam jumat, mereka telah ikut amalan sahabat mulia dan ahli surga 'Ammar bin Yasir RA.Tapi jangan lupa yah surat Al Kahfinya dihari/malam jumat.

Mochammad Fuady Abdullah.

Mungkin Anda Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar