Skip to main content

Hukum Sholat Sunnah Qabliyah Jum'at

Qabliyah Jum'at


Menurut Mufti Yordania

ﻓﻘﺪ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﺃﻥ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻟﻘﺒﻠﻴﺔ ﻛﺴﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺍﻟﻘﺒﻠﻴﺔ، ﻭﻗﺘﺎً ﻭﻋﺪﺩﺍً
Ulama madzhab Hanafi dan Syafii berpendapat bahwa sunnah Jum'at qabliyah itu seperti sunnah dhuhur qabliyah, dalam hal waktu dan jumlah rakaatnya.

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ : ﻳﻜﺮﻩ ﻟﺸﺨﺺ ﻳُﻘﺘﺪﻯ ﺑﻪ - ﻛﻌﺎﻟﻢ - ﺍﻟﺘﻨﻔﻞ ﻋﻨﺪ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﺍﻷﻭﻝ، ﻻ ﻗﺒﻠﻪ، ﻟﺠﺎﻟﺲ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ، ﻻ ﺩﺍﺧﻞ؛ ﺧﻮﻑ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻭﺟﻮﺑﻪ، ﺃﻣﺎ ﻋﻨﺪ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻓﺤﺮﺍﻡ، ﻟﻜﻦ ﻫﺬﺍ ﺃﻳﻀﺎً ﻓﻲ ﺣﻖ ﻣﻦ ﻳﻘﺘﺪﻯ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻭﻭﻻﺓ ﺍﻷﻣﻮﺭ
Ulama Madzhab Maliki berpendapat: Bagi seseorang yang dijadikan panutan -seperti orang yang alim- dimakruhkan melakukan sholat nafilah ketika adzan awal, bukan sebelumnya, bagi orang yang telah duduk di masjid, bukan orang yang masuk, karena khawatir jamaah awam meyakini wajibnya sholat nafil itu. Adapun sholat nafil ketika telah berlangsung adzan kedua, hukumnya haram. Tetapi, keharaman ini pun berlaku bagi orang dijadikan panutan seperti Ulama atau penguasa.

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ : ﻟﻴﺲ ﻟﻠﺠﻤﻌﺔ ﺳﻨﺔ ﺭﺍﺗﺒﺔ ﻗﺒﻠﻬﺎ، ﺑﻞ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺃﺭﺑﻊ ﺭﻛﻌﺎﺕ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ
Madzhab Hanbali berpendapat:
Tidak ada sunnah rawatib qabliyah Jum'at, tetapi disunnahkan sholat 4 rakaat dengan nafil mutlak.

ﻭﻗﺪ ﺍﺣﺘﺞ ﺍﻟﻘﺎﺋﻠﻮﻥ ﺑﺴﻨﺔ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻟﻘﺒﻠﻴﺔ ﺑﻤﺎ ﻳﻠﻲ
Mereka yang berpendapat adanya sunnah Jum'at qabliyah berhujjah dengan dalil berikut ini:

 ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺃﺭﺑﻌﺎً ﻭﺑﻌﺪﻫﺎ : ﻭﺍﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﺗﻮﻗﻴﻒ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻟﻴﺲ ﺍﺟﺘﻬﺎﺩﺍً ﻣﻦ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ
1. Riwayat Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'anhu bahwa beliau sholat sebelum jumat 4 rakaat dan sesudah jumat. Dhohir riwayat ini adalah bahwa sholat ini merupakan tauqif dari Nabi shollallahu alaihi wasallam, dan bukan ijtihad Ibnu Mas'ud Radhiyallahu anhu.

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ‏( ﺑﻴﻦ ﻛﻞ ﺃﺫﺍﻧﻴﻦ ﺻﻼﺓ، ﻗﺎﻟﻬﺎ ﺛﻼﺛﺎً، ﻭﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ ﻟﻤﻦ ﺷﺎﺀ) ‏
2. Sabda Nabi ﷺ: Diantara 2 adzan ada sholat (sunnah), beliau mengatakannya 3 kali, dan pada kali ketiga, beliau bersabda: bagi yang mau.

ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺍﻟﺰﺑﻴﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎً : ‏( ﻣﺎ ﻣﻦ ﺻﻼﺓ ﻣﻔﺮﻭﺿﺔ ﺇﻻ ﺑﻴﻦ ﻳﺪﻳﻬﺎ ﺭﻛﻌﺘﺎﻥ ‏) ﻭﻫﺬﺍ ﺑﻌﻤﻮﻣﻪ ﻳﺸﻤﻞ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ .

3. Riwayat Abdullah bin az-Zubair Radhiyallahu anhuma secara marfu': Tidak ada dari Sholat yang difardhukan kecuali sebelumnya ada 2 rakaat sholat. Hadis ini dengan keumumannya mencakup sholat jumat.

ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ " : ﻭﺃﻗﻮﻯ ﻣﺎ ﻳﺘﻤﺴﻚ ﺑﻪ ﻣﻦ ﻣﺸﺮﻭﻋﻴﺔ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻋﻤﻮﻡ ﻣﺎ ﺻﺤﺤﻪ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺍﻟﺰﺑﻴﺮ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎً : ‏( ﻣﺎ ﻣﻦ ﺻﻼﺓ ﻣﻔﺮﻭﺿﺔ ﺇﻻ ﺑﻴﻦ ﻳﺪﻳﻬﺎ ﺭﻛﻌﺘﺎﻥ) ‏
Ibnu Hajar Rahimahullah mengatakan: Dalil yang paling kuat dijadikan pedoman mengenai kemasyruiyahan 2 rakaat sebelum Jum'at adalah keumuman hadis yang dishahihkan Ibnu Hibban dari hadis Abdullah bin zubair secara marfu' (seperti di atas).

ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻗﺎﻝ : ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺮﻛﻊ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺃﺭﺑﻌﺎً ﻻ ﻳﻔﺼﻞ ﻓﻲ ﺷﻲﺀ ﻣﻨﻬﻤﺎ  ، ﻭﻫﺬﺍ - ﻭﺇﻥ ﺿﻌﻔﻪ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ - ﻟﻜﻦ ﻳﺸﻬﺪ ﻟﻪ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﺍﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﺍﻟﺘﻲ ﻗﺒﻠﻪ
4. Riwayat Ibnu Abbas Radhiyallahu anhuma, beliau berkata: Nabi ﷺ dulu sholat sebelum Jum'at 4 rakaat dengan tidak memisahkannya. Riwayat ini -meski Ulama mendhaifkannya- tetapi diperkuat dengan hadis shahih sebelum ini.

ﻭﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ : ‏( ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻄﻴﻞ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﻳﺼﻠﻲ ﺑﻌﺪﻫﺎ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻓﻲ ﺑﻴﺘﻪ، ﻭﺣﺪﺙ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﻳﻔﻌﻞ ﺫﻟﻚ) ‏
5. Riwayat Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma: bahwasanya beliau memanjangkan sholat sebelum Jum'at dan sholat setelah Jum'at 2 rakaat di rumah beliau, dan beliau mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ melakukan demikian itu.

 ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ‏( ﺟﺎﺀ ﺭﺟﻞ ﻭﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺨﻄﺐ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻓﻘﺎﻝ : ﺃﺻﻠﻴﺖ ﻳﺎ ﻓﻼﻥ، ﻗﺎﻝ : ﻻ، ﻗﺎﻝ : ﻗﻢ ﻓﺎﺭﻛﻊ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ)‏
6. Riwayat Jabir bin Abdillah Radhiyallahu anhu, beliau berkata: Seorang laki-laki datang, sementara Nabi ﷺ sedang mengkhotbahi jamaah di hari jumat, tiba-tiba beliau bertanya: Sudahkah kamu sholat, wahai fulan?
Orang itu menjawab: belum.
Beliau bersabda: Bangkitlah dan sholatlah 2 rakaat.

ﻭﺟﺎﺀ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻣﻔﺴﺮﺍً ﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ‏( ﺟﺎﺀ ﺳُﻠﻴﻚ ﺍﻟﻐﻄﻔﺎﻧﻲ ﻭﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺨﻄﺐ، ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺃﺻﻠﻴﺖ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﺠﻲﺀ، ﻗﺎﻝ ﻻ، ﻗﺎﻝ : ﻓﺼﻞِّ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻭﺗﺠﻮﺯ ﻓﻴﻬﻤﺎ)‏
Hadis ini sebagai penafsir dalam riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, beliau berkata: Sulaik al-Ghothfani datang, sementara Nabi ﷺ sedang berkhotbah, tiba-tiba beliau bertanya: Sudahkah kamu sholat 2 rakaat sebelum engkau tiba?
Orang itu menjawab: belum.
Beliau bersabda: Jika begitu, sholatlah 2 rakaat dan ringankanlah 2 rakaat itu.

ﻭﻭ ﺟﻪ ﺍﻟﺪﻻﻟﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺮﻭﺍﻳﺔ ﺃﻥ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ‏( ﻗﺒﻞ ﺃﻥ ﺗﺠﻲﺀ ‏) ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﺮﻛﻌﺘﻴﻦ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻟﻘﺒﻠﻴﺔ، ﻭﻟﻴﺴﺘﺎ ﺳﻨﺔ ﺗﺤﻴﺔ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ
Maksud dilalah dalam riwayat ini bahwa sabda Nabi ﷺ: (Sebelum engkau tiba) menunjukkan bahwa 2 rakaat itu adalah sunnah Jum'at qabliyah, bukan 2 rakaat sunnah tahiyyatil masjid.

ﺇﻥ ﻭﻗﺖ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻫﻮ ﻭﻗﺖ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻈﻬﺮ، ﻓﺘﻜﻮﻥ ﺳﻨﺘﻬﺎ ﻛﺴﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ، ﻭﻫﺬﺍ ﻣﺎ ﺟﻌﻞ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ " : ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﻗﺒﻠﻬﺎ " ﺛﻢ ﺫﻛﺮ ﺣﺪﻳﺚ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ : ‏( ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻭﺑﻌﺪﻫﺎ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ، ﻭﺑﻌﺪ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﻓﻲ ﺑﻴﺘﻪ ﻭﺑﻌﺪ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ، ﻭﻛﺎﻥ ﻻ ﻳﺼﻠﻲ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺣﺘﻰ ﻳﻨﺼﺮﻑ ﻓﻴﺼﻠﻲ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ‏) ، ﻓﺎﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﺮﻯ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻛﺎﻟﻈﻬﺮ، ﻣﻊ ﺃﻥ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﺫﻛﺮ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ، ﻭﻟﻢ ﻳﺬﻛﺮ ﺷﻴﺌﺎً ﻗﺒﻠﻬﺎ، ﻓﺮﺃﻯ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﺃﻥ ﻣﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻫﻮ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻈﻬﺮ، ﻓﻘﺎﻝ " : ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﻗﺒﻠﻬﺎ"
7. Karena Waktu sholat jumat sama seperti waktu dhuhur, maka keberadaan sholat sunnah jumat sama juga seperti sholat sunnah dhuhur. Inilah yang mendasari Imam Bukhori Rahimahullah mengatakan dalam shahihnya:

Bab sholat setelah Jum'at dan sebelumnya. Kemudian, beliau menyebutkan hadis ibnu umar Radhiyallhu anhuma: Bahwasanya Rasulullah ﷺ sholat sebelum dhuhur 2 rakaat dan setelahnya 2 rakaat, setelah maghrib 2 rakaat di rumah beliau , dan setelah Isya 2 rakaat. Dan beliau tidak sholat setelah Jum'at hingga pulang ke rumah, lalu sholat 2 rakaat.

ﻭﻣﻦ ﺩﺭﺍﺳﺔ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻗﻮﺍﻝ ﻭﺃﺩﻟﺘﻬﺎ ﻳﺒﺪﻭ ﺗﻘﺎﺭﺑﻬﺎ، ﻓﻜﻞ ﺍﻟﻤﺬﺍﻫﺐ ﺗﺤﺚ ﻋﻠﻰ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻨﺎﻓﻠﺔ ﻗﺒﻞ ﺟﻠﻮﺱ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻨﺒﺮ ﻟﻴﺨﻄﺐ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ، ﻋﻤﻼً ﺑﺤﺪﻳﺚ : ‏( ﻻ ﻳﻐﺘﺴﻞ ﺭﺟﻞ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﻳﺘﻄﻬﺮ ﻣﺎ ﺍﺳﺘﻄﺎﻉ ﻣﻦ ﻃﻬﺮ، ﻭﻳﺪﻫﻦ ﻣﻦ ﺩﻫﻨﻪ، ﺃﻭ ﻳﻤﺲ ﻣﻦ ﻃﻴﺐ ﺑﻴﺘﻪ ﺛﻢ ﻳﺨﺮﺝ ﻓﻼ ﻳﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﺛﻨﻴﻦ، ﺛﻢ ﻳﺼﻠﻲ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻟﻪ، ﺛﻢ ﻳﻨﺼﺖ ﺇﺫﺍ ﺗﻜﻠﻢ ﺍﻹﻣﺎﻡ : ﺇﻻ ﻏﻔﺮ ﻟﻪ ﻣﺎ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺍﻷﺧﺮﻯ ‏) ، ﻭﻗﺪ ﺗﻘﺪﻡ
Setelah mempelajari pendapat-pendapat ini dan dalil-dalilnya sepertinya saling menemukan titik temu, karena semua madzhab memotivasi untuk melakukan sholat nafilah sebelum imam duduk di mimbar untuk memberikan khutbah Jum'at, sebagai bentuk pengamalan hadis:Tidaklah seseorang mandi di hari Jum'at, lalu mensucikan diri selagi mampu bersuci, memakai minyak dari minyaknya atau memakai wewangian rumahnya kemudian keluar hingga tidak memisahkan dua orang, kemudian ia sholat sunnah yang ia mampu, kemudian ia diam ketika imam berbicara (khutbah), melainkan ia diampuni dosanya antara Jum'at itu dan Jum'at berikutnya.

ﻓﺎﻟﻤﺴﺄﻟﺔ ﺗﺤﺘﻤﻞ ﻣﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﻛﻞ ﻣﺬﻫﺐ، ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻧﺖ ﺻﺪﻭﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ ﻭﺍﺳﻌﺔ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻮﺿﻮﻉ، ﻓﺼﺎﺣﺐ ﻛﺘﺎﺏ " ﺍﻟﺠﻮﺍﻫﺮ ﺍﻟﺰﻛﻴﺔ " ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻤﺎﻟﻜﻲ ﻳﻘﻮﻝ " : ﻳﻜﺮﻩ ﻟﻠﺠﺎﻟﺲ ﺃﻥ ﻳﺘﻨﻔﻞ ﻋﻨﺪ ﺍﻷﺫﺍﻥ ﺍﻷﻭﻝ ﻛﻤﺎ ﻳﻔﻌﻠﻪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﺧﻴﻔﺔ ﺍﻋﺘﻘﺎﺩ ﻭﺟﻮﺑﻪ "
Akhirnya, masalah ini mentolerir pendapat semua madzhab. Dan jika para faqih dari madzhab maliki dan hanbali lapang dada dalam masalah ini, maka penulis kitab al-Jawahir az-Zakiyah Syekh Ahmad bin Turk al-Maliki mengatakan: Dimakruhkan bagi orang yang telah duduk untuk melakukan sholat nafilah ketika adzan awal sebagaimana madzhab syafii dan hanafi melakukannya, karena khawatir (munculnya) keyakinan akan kewajibannya.

ﺃﻱ ﺃﻥ ﺳﺒﺐ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﺧﺸﻴﺔ ﺍﻟﺘﺒﺎﺱ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺑﺎﻟﻔﺮﻳﻀﺔ ﻻ ﻟﻮﺭﻭﺩ ﻧﻬﻲ ﻋﻨﻬﺎ
Maksudnya: sebab kemakruhannya adalah kekhawatiran kesamaran sunnah dengan fardhu, bukan karena adanya larangan dari sholat itu.

ﻭﻳﻘﻮﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺼﻔﺘﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﺎﺷﻴﺔ ﻣﻌﻠﻘﺎً ﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ : " ﻓﺎﺋﺪﺓ : ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺷﺨﺺ ﻣﺎﻟﻜﻲ ﺑﺤﻀﺮﺓ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺷﺎﻓﻌﻴﺔ ﺃﻭ ﺣﻨﻔﻴﺔ ﻓﻼ ﺑﺄﺱ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﻋﻨﺪ ﺍﻷﺫﺍﻥ - ﺃﻱ ﺍﻷﻭﻝ - ﻛﻤﺎ ﻗﺮﺭﻩ ﺑﻌﺾ ﺷﻴﻮﺧﻨﺎ
Al-Imam ash-Shofti dalam hasyiyah memberikan catatan terhadap redaksi tadi:
Faidah: Jika seseorang bermadzhab Maliki berada di hadapan komunitas Syafii atau Hanafi, maka ia tidak apa-apa untuk shalat ketika adzan awal sebagaimana sebagian masyayikh kita menetapkannya.

ﻭﺭﺣﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺸﻴﻮﺥ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺰﻧﻮﻥ ﻛﻼﻣﻬﻢ ﺑﻤﻴﺰﺍﻥ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻭﻳﻜﺮﻫﻮﻥ ﺗﻔﺮﻕ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﻭﺍﺧﺘﻼﻓﻬﻢ
Mudah-mudahan Allah merahmati Syuyukh (para guru) yang telah menimbang kalam mereka dengan neraca fiqh, serta membenci perpecahan kaum muslimin dan menyelisihi mereka.

ﻭﺍﺑﻦ ﻗﺪﺍﻣﺔ ﻳﻘﻮﻝ ﻓﻲ " ﺍﻟﻤﻐﻨﻲ " :" ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻓﻼ ﺃﻋﻠﻢ ﻓﻴﻪ ﺇﻻ ﻣﺎ ﺭﻭﻱ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻥ ﻳﺮﻛﻊ ﻣﻦ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺃﺭﺑﻌﺎً " ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ، ﻭﺭﻭﻯ ﻋﻤﺮﻭ ﺑﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﻌﺎﺹ ﻋﻦ ﺃﺑﻴﻪ ﻗﺎﻝ : ﻛﻨﺖ ﺃﻟﻘﻰ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﺈﺫﺍ ﺯﺍﻟﺖ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻗﺎﻣﻮﺍ ﻓﺼﻠﻮﺍ ﺃﺭﺑﻌﺎً " ﺛﻢ ﺫﻛﺮ ﺑﻌﺾ ﻣﺎ ﺍﺣﺘﺞ ﺑﻪ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻟﻤﺬﻫﺒﻬﻢ  ﻓﻜﺄﻧﻪ ﻳﻤﻴﻞ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻭﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﻧﻈﺮﺍً ﻷﺩﻟﺘﻬﻢ، ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻣﺎ ﺃﺣﺐ ﺍﻟﺨﺮﻭﺝ ﻋﻦ ﻣﺬﻫﺒﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺄﻟﺔ
Ibnu Qudamah dalam kitab al-Mughni mengatakan: Adapun sholat sebelum Jum'at, saya tidak mengetahui kecuali hadis yang diriwayatkan bahwasanya Nabi ﷺ shalat 4 rakaat sebelum shalat Jum'at. (HR. Ibnu Majah).

Dan Amr bin Said bin al-Ash meriwayatkan dari ayah beliau, beliau berkata:
Aku bertemu para sahabat Rasulullah ﷺ, ketika matahari tergelincir, mereka berdiri lalu shalat 4 rakaat. Kemudian, beliau menyebutkan sebagian dalil yang menjadi hujjah madzhab syafii. Seakan-akan beliau cenderung kepada pendapat madzhab syafii dan hanafi dengan melihat dalil-dalil mereka. Akan tetapi, beliau tidak suka keluar dari madzhab beliau dalam satu masalah.

ﻭﻣِﻦ ﻛﻞ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻳﺒﺪﻭ ﻟﻲ ﺭﺟﺤﺎﻥ ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻟﺤﻨﻔﻴﺔ ﻭﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺴﺄﻟﺔ، ﻭﺃﻥ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻟﻬﺎ ﺳﻨﺔ ﻗﺒﻠﻴﺔ ﻣﺜﻞ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻈﻬﺮ، ﻭﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻭﺍﻵﺛﺎﺭ ﻓﻴﻬﺎ ﻛﺜﻴﺮﺓ، ﻭﺻﺮﻓﻬﺎ ﻋﻦ ﻇﺎﻫﺮﻫﺎ ﻻ ﻣﻮﺟﺐ ﻟﻪ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺃﻋﻠﻢ
Dari semua paparan di atas, saya cenderung menganggap 2 pendapat kuat yaitu madzhab Hanafi dan Syafii dalam masalah ini, sehingga sholat Jum'at ada sunnah qabliyah seperti shalat dhuhur, sementara hadis-hadis dan atsar mengenai masalah ini begitu banyak dan memahami dari sisi lahiriyyah baik teks dan konteksnya tetap lebih tepat.
Wallahu Ta'ala a'lam

Mochammad Fuadi Abdullah