Skip to main content

IDE Adalah Sebuah Rancangan/Gagasan Pikiran

IDE Adalah Sebuah Rancangan atau gagasan yang keluar dari Pikiran. Keberadaan IDE itu sendiri bisa timbul dengan cara disengaja atau tanpa sengaja.

Terkadang kita sering mendapatkan IDE yang Brilian ketika kita sedang tanpa memikirkan beban dan masalah. Contohnya, seperti ketika kita sedang BAB atau sedang melamun, biasanya IDE yang Brilian dan penuh dengan kreativitas itu muncul.

Dan jangan heran kadang-kadang yang tanpa sengaja tersebutlah yang dapat membuat Anda Sukses. Dengan catatan Anda mengaplikasikan IDE tersebut dalam kehidupan sehari-hari anda.

Peranan IDE dalam kehidupan sehari-hari menduduki posisi yang penting, karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu dihadapkan dengan masalah dan masalah tersebut membutuhkan solusi.

Kita ambil contoh, Ketika seseorang memiliki masalah  seperti di PHK dari tempat ia bekerja, sudah dipastikan dia akan  kehilangan penghasilan finansial (nafkah). Dari sanalah ia dituntut untuk dituntut untuk berfikir secara maksimal agar bisa menyelesaikan masalahnya, maka ia memeras otak hanya untuk menemukan IDE baru agar ia mendapatkan pekerjaan baru guna mencukupi kebutuhan hidup atau usaha baru yang dapat menghasilkan uang.

Biasanya dalam keadaan sulit atau tertekan seseorang bisa mengeluarkan IDE yang cemerlang. Contoh seperti kasus di atas Ketika seseorang di  PHK dari pekerjaannya dia akan memeras otak untuk mendapatkan IDE cemerlang hanya untuk  menghasilkan uang  guna memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kebanyakan kasus yang ada adalah ketika seseorang itu dituntut untuk kreatif dengan IDE dan ia menemukannya  lalu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, ia yang awalnya adalah  karyawan biasa, begitu  mengaplikasikan IDE yang ia dapat, ia berubah menjadi orang yang sukses dengan IDE tersebut. Untuk lebih jelasnya anda baca buku The Power Of Kepepet.

Tidak sedikit studi kasus yang semacam ini di sekitar kita. Ketika ia dipecat dari pekerjaannya, lalu ia berputar haluan menjadi seorang pengusaha dan akhirnya dia menjadi pengusaha yang sukses. itu artinya, PHK yang ia dapatkan membawanya pada kesuksesan.

Mengapa demikian?

Karena pada saat mereka jatuh gara-gara di PHK, mereka tidak larut dalam kesedihan karena PHK. Akan tetapi mereka justru tertantang untuk mendapatkan penghasilan baru yang lebih besar dengan IDE baru, semangat baru, dan etos kerja yang tak pantang menyerah Apapun keadaannya.

Peranan IDE

Dalam dunia industri dan perusahaan, IDE selalu diperlukan  guna meningkatkan kemajuan perusahaan. Sudah dipastikan ketika sebuah perusahaan industri tidak memiliki IDE baru, maka perusahaan tersebut akan jauh Tertinggal dari saingannya. Oleh karenanya, dalam sebuah perusahaan selain di butuhkan kerjasama Team, IDE kreatif dari orang-orang yang berbakat akan selalu dibutuhkan.

Dalam segala Lini dan segala bidang, IDE sangat diperlukan. Hal ini tidak lain untuk meningkatkan kualitas dan terobosan baru demi keberlangsungannya.

Mungkin sedikit uraian di atas sudah membuat anda  paham akan pentingnya sebuah IDE. Sekarang kita akan sedikit mengulas tentang definisi IDE secara harfiah.

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, IDE diartikan sebagai rancangan yang tersusun di dalam pikiran; gagasan; cita-cita: ia mempunyai -- yang bagus, tetapi sukar dilaksanakan. Pengertian IDE dijabarkan secara lebih jelas dalam wikipedia indonesia, berikut kutipannya
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), IDE adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya IDE sama dengan gagasan, rancangan atau cita-cita. 
Dalam kajian Filsafat Islam maupun Filsafat Yunani IDE adalah sesuatu yang menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat.

Selama IDE yang ada dalam benak anda belum anda tuangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka IDE hanyalah sekedar ide, bukan aksi nyata dari IDE itu sendiri, karena masih berada di dalam pikiran.

IDE yang sudah diaplikasikan dan dinyatakan dalam bentuk nyata, baik berupa suatu perbuatan atau sebuah komoditi maka itu adalah karya cipta.

Untuk mengubah ide menjadi karya cipta perlu adanya serangkaian proses berpikir yang logis, dan seringkali realisasinya memerlukan usaha yang berkesinambungan, sehingga antara ide awal yang muncul di pikiran dan karya cipta, satu sama lain saling bersesuaian sebagai kenyataan.

Sekarang, kita gak usah bertele-tele membahas apa itu IDE, bagaimana eksistensi ide dll, Inti dari pembahasan ini adalah temukan IDE terbaik Anda lalu aplikasikan dalam kehidupan anda guna mewujudkan harapan dan cita-cita Anda!

So.. Tetap semangat dan jangan pernah berhenti belajar dan mencari IDE untuk sesuatu yang terbaik dalam hidup Anda.