Skip to main content

Romahurmuziy, Siapakah Beliau?

BIOGRAFI ROMAHURMUZY 

( ﺍﻟﺮﺍﻣﻬﺮﻣﺰﻱ )


Beliau adalah Abu Muhammad Al Hasan bin Abdurrahman bin Al Khollad Al Romahurmuzy. Lahir di Romahurmuz salah satu desa diwilayah Khurazstan, Persia, Sebelah selatan barat Iran, berdekatan dengan teluk arab.

Para sejarahwan tidak ada yang menyebutkan secara persis kelahiran ulama besar ini, namun diperkirakan lahir tahun 265 H dan wafat tahun 360 H.

Ada yang mengatakan ﺭﺍﻣﻬﺮﻣﺰ (romahurmuz) terdiri dari dua kalimat, yaitu Rom (ﺭﺍﻡ ) dan Hurmuz (ﻫﺮﻣﺰ ).

makna ﺭﺍﻡ dalam bahasa persia artinya adalah Harapan, sedangkan ﻫﺮﻣﺰ diambil dari nama kaisar. Jadi makna Romahurmuz adalah harapan seorang kaisar.

Syekh Hamzah mengatakan kata Romahurmuz (ﺭﺍﻣﻬﺮﻣﺰ) adalah kependekan dari kata Romahuz Ardasyir ( ﺭﺍﻣﻬﺰ ﺃﺭﺩﺷﻴﺮ ) sebuah kota terkenal dipesisir khurazstan.

Orang awam disana menyebutnya Romuz ( ﺭﺍﻣﺰ ) saja, karena kesulitan dalam menyebut dua kata tadi. Seperti halnya kita di indonesia saja, kalau kesulitan menyebut sesuatu ya asal bunyi saja, tapi is ok.. gapapa, namanya juga kalangan awam. Kaya kata sekatèn diambil dari Syahadatain (ﺷﻬﺎﺩﺗﻴﻦ ), katulistiwa/garis lurus ( ﺧﻂ ﺍﻹﺳﺘﻮﺍﺀ ), al patekah (ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ), Arjuna jenaka/arjuu jannataKa ( ﺃﺭﺟﻮ ﺟﻨﺘﻚ ), mad ngali ( ﺃﺣﻤﺪ ﻋﻠﻲ ) dan seterusnya...

Menurut Imam Ibnu Hajar Al 'Asqolany ketika menceritakan salah seorang gurunya, yaitu Imam Ibrahim Bin Ahmad At Tanukhy beliau berkata bahwa kitab Al Fâshil baina Ar Rowy wal Wa'iy karya Ar Romahurmuzy adalah kitab pertama yang secara khusus menjelaskan tentang ilmu hadits. Kitab ulumul hadits sebelumnya masih dibahas secara parsial dalam karangan kitab para ulama, namun karya Ar Romahurmuzy ini lebih spesifik penjelasannya.

Mochammad Fuady Abdullah