Skip to main content

NAMA SAYYIDINA MUHAMMAD SHOLLALLOHU 'ALAIHI WA SALLAM

Nama MUHAMMAD - Sekilas tentang kata "MUHAMMAD" (Manusia yang sangat terpuji) untuk Rosulullah SAW.

Kata atau lafadz Muhammad (ﻣﺤﻤﺪ ) adalah 'alam atau nama sekaligus identitas yang melekat pada dzat Rosulullah SAW. Nama ini adalah yang paling masyhur diantara sekian nama bagi Rosulullah SAW.

Lafadz Muhammad (ﻣﺤﻤﺪ ) diambil atau dinukil dari sifat (ﺻﻔﺔ) yang asalnya adalah isim maf'ul dari kata Hamida (ﺣﻤﺪ) yang ditadh'if atau ditasydidi, kemudian setelah dipindah lalu dijadikan sebagai 'alam atau nama bagi Rosulullah SAW.

Jadi lafadz Muhammad (ﻣﺤﻤﺪ ) menyimpan makna mubalaghoh/mbanget-mbangetaken/penekanan atau "sangat". Karena fi'il tsulatsi (kata kerja yg terbentuk dari tiga huruf asal) jika di tadh'if 'ain fi'ilnya maka tujuannya adalah utk menunjukkan makna mubalaghoh.

Dari kata Mahmud (ﻣﺤﻤﻮﺩ) sebagai asalnya yang merupakan isim maf'ul dari Humida (ﺣﻤﺪ) mabni maf'ul, kemudian setelah di tadh'if menjadi HuMMida (ﺣﻤﺪ) dengan tasydid mim nya ('ain fi'il), maka isim maf'ulnya adalah Muhammad (ﻣﺤﻤﺪ ) juga dengan tasydid. Hal tersebut menunjukkan bahwa Muhammad Rosulullah SAW adalah manusia yang sangat terpuji dan selalu dipuji setiap saat.

Penyematan nama (Muhammad) pada pribadi paripurna Rosulullah SAW, sangat tepat sekali. Bagaimana tidak...!? Berapa banyak ayat Alquran yang menunjukkan keagungan dan kemuliaan Rosulullah SAW.

Rosulullah SAW adalah manusia paling mulia dan penuh pujian. Terpuji dalam segala hal dan berbagai sisi, baik dalam sifat, khilqoh, akhlak, tuturkata, perbuatan dan sikap serta ilmu dan hikmahnya.

Beliau SAW manusia yang penuh pujian dan sanjungan. Di puji dibumi juga dilangit. Dipuji di dunia juga akhirat. Didunia beliau SAW adalah penuntun dan penunjuk jalan kebenaran dan dikhirat nanti beliau SAW adalah pemberi syafaat tertinggi bagi umatnya.

Sayyidina Muhammad adalah manusia terbaik dari yang baik, manusia paling terpuji dari yang dipuji dan paling mulia diantara yang dimuliakan.

Semoga kita semua dirahmati Allah dengan memperoleh syafa'at Rosulullah SAW kelak dimana kita sangat membutuhkannya.

Kalau demikian sudahkan hari ini kita bersholawat dan salam kagem kanjeng Nabi SAW?
Sholluuu 'alaihi wa sallimuuuu tasliimaa.

Mochammad Fuady Abdullah.