Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Inspirasi

Sebuah Kisah atau Narasi yang mengandung Hikmah

Catatan

Hanya Sebuah Catatan Kecil, Barangkali Bermanfaat

MENGUSAP WAJAH SETELAH BERDOA

Bagaimana hukum mengusap wajah setelah berdoa?

Adakah dalilnya?

Mari kita ulas bersama, karena banyak orang yang mempertanyakan kebiasaan mengusap wajah setelah berdoa ini.

Pertama : Dari Muammar, dari Zuhri bahwa Rosulullah SAW mengangkat kedua tangan saat berdoa selurus dada, lalu mengusap wajah dengan kedua tangannya".
(HR. Abdurrazzaq dalam Al-Mushonnaf).

Kedua : Dari Yahya bin Said bahwa Abdullah bin Umar RA mengangkat dan membuka tangan saat berdoa dan mengingatkan bahwa kalangan orang-orang terdahulu juga berdoa dan selepas itu mengusapkan kedua tangan ke wajah.

Abdullah bin Umar RA berdoa dengan mengangkat kedua tangan lalu mengusapkannya ke wajah.
(Majma' Azzawa-id).
Hal ini juga diikuti oleh muridnya Muammar RA.

Dari Ibnu Abbas RA bahwa Nabi Shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda : "Ketika kalian berdoa kepada Allah maka berdoalah dengan mengangkat tangan dan dengan bagian dalam telapak tangan kalian dan jangan dengan punggung tangan kalian, ketika selesai berdoa maka usaplah wajah kalian".
(HR. Ibnu Majah 1/373).

Dari Umar bin Khoththob RA " bahwa Rosulullah SAW mengangkat tangan saat berdoa dan mengusap wajah setelahnya".(HR. At Tirmidzi 5/464).

Al Hafidz Al Imam Ibnu Hajar Rohimahulloh berkata dalam kitab "Bulûgh Al Marôm", hadits At Tirmidzi ini mempunyai syawahid atau beberapa riwayat sebagai pendukungnya, di antaranya adalah hadits Ibnu Abbas RA riwayat Abu Dawud.

Setelah dikumpulkan berbagai riwayat syawahidnya, maka nilai hadits ini adalah HASAN. Bahkan Al Hafidz Al Imam As Suyuthy Rohimahulloh dalam kitab "Fadhdhi Al Wi'â'" menyebutkan disebagian naskah Imam At Tirmidzi bahwa beliau menilai haditsnya SHOHIH.

Mochammad Fuady Abdullah.

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP