Skip to main content

Sanad Para Guru Imam Syafi’i Ra Muttashil ila Rosulillah

Mata rantai Guru Imam Syafi'i

Untuk mempersingkat saja, Berikut ini Silsilah sanad ringkas (mata rantai) Imam Syafi'i ra dalam berguru hingga sanad ini muttashil (sambung) hingga Rosulullah SAW.


Saya batasi hanya dari 4 guru beliau saja yang akhirnya menyambung sampai Rosulullah SAW. Di antaranya Muslim Bin Kholid Az-zanji, Sufyan Bin 'Uyainah, Imam Malik bin Anas dan Muhammad Bin Al Hasan Asyaibany


  1. Imam Syafi'i ra berguru kepada Muslim Bin Khlolid Az-zanji, berguru kepada Abdul malik Bin Jureh, beliau adalah murid 'Atho Bin Abi Robah. Adapun 'Atho berguru pada 3 orang sahabat diantaranya Ali Bin Abi Tholib ra, Zaid Bin Tsabit ra, Dan Ibnu Abbas ra, dan 3 sahabat ini langsung belajar kepada Rosulullah SAW.
  2. Imam Syafi'i ra berguru kpd Sufyan Bin 'Uyainah, beliau belajar kpd 'amr bin bin dinar, beliau belajar dari Ibnu Abbas ra dan Abdullah Bin Umar ra yang mendapatkan pendidikan langsung dari Rosulullah SAW.
  3. Imam Syafi'i ra berguru pada Imam Malik Bin Anas (Imam Ahlul Hadits), beliau belajar kepada Nafi' maula Umar, dari Abdullah Bin Umar, dari Rosulullah SAW.
  4. Imam Syafi'i ra belajar kepada Imam Muhammad Bin Al Hasan Asysyaibany, beliau berguru kepada Imam Abu Hanifah (Imam Ahlu Ar-ro'yi), beliau ngaji kepada 'Alqomah, Ibrahim An-Nakho'i dan hammad Bin Abi salamah. Ketiga orang ini belajar langsung pada Ibnu Mas'ud ra yang belajar langsung kepada Rosulullah SAW.


Mudah-mudahan kita semua benar-benar teguh dalam mengikuti Imam madzhab ini, karena sesungguhnya mengikutinya adalah brarti mengikuti salafushsholih dan berarti juga mengikuti Junjungan dan Uswah kita Sayyidinaa wa habiibinaa wa syafii'inaa wa maulaanaa Muhammmmmad Shollallohu 'alaihi Wasallam


Mochammad Fuady Abdullah

No comments: