Skip to main content

Empat Sikap Yang Bisa Mengangkat Derajat

Ada empat sikap atau perilaku yang apabila empat sikap ini terdapat pada seseorang, maka orang tersebut akan terangkat Derajatnya di sisi Allah. Siapa pun orangnya, tak peduli dia itu pejabat, orang terhormat, orang priyayi, buruh tani, budak, cerdik cendikiawan, alim, bodoh dan sebagainya, pokoknya siapa pun itu, semua bisa mencapai derajat yang tinggi di sisi Allah, hanya dengan bermodalkan empat sikap atau prilaku ini.


Apa saja keempat Sikap Yang Bisa Mengangkat Derajat itu?


Al-imam, waliyullah al-akbar yang mendapatkan gelar Sayyidutthoifah, sekaligus menjadi imam tasawwuf bagi kalangan Ahlussunah wal Jama'ah, yaitu Imam Junaid Al Baghdadi dawuh, Dawuh beliau termaktub di dalam Kitab Al Jawahirul Lu'luiyyah Syarah Al-Arba'in Annawawiyah dalam mensyarahi hadits yang ke 18. Beliau dawuh:


أربع ترفع العبد إلى أعالي الدرجات وإن قل علمه و عمله : الحلم، والتواضع، والسخاء، و حسن الخلق


Ada empat perkara yang dapat mengangkat seorang hamba menuju derajat yang tinggi, walaupun ilmu dan amalnya sedikit, yaitu: sikap santun, rendah hati, dermawan, dan akhlak yang baik.


Perkataan Imam Junaid Al-Baghdadi ini sangat singkat nan padat. Namun patut kiranya kita jadikan renungan dan spirit bagi kita bersama dalam kehidupan sehari-hari


Kalimat di atas ada ungkapan "walaupun ilmu dan amalnya sedikit", harap dipahami baik-baik, jangan sampai gagal paham. Pesan di atas bukan berarti menyuruh untuk tidak usah pintar dan banyak beramal, bukan juga menyuruh untuk tidak menuntut ilmu dan mengamalkannya, bukan, bukan itu.


Akan tetapi ungkapan kalimat di atas memberikan pesan mengenai betapa besar dan agungnya bobot empat sikap tersebut di sisi Allah. Walaupun seorang hamba memiliki sikap tersebut termasuk orang yang minim ilmu dan amal. Kayak saya gini inilah yang minim ilmu dan amal.


Mari kita cermati sekaligus bermuhasabah diri


Pertama sikap santun, Kita lihat pola hidup masyarakat di sekitar kita saat ini, banyak orang yang sudah tidak begitu memperhatikan tata krama dan sopan santun. Yang banyak ditampilkan sekarang ini adalah sikap cuek dan egois yang pada akhirnya membuahkan sikap kasar dan Congkak dalam pergaulan.


Kedua rendah hati, sekarang ini media sosial sudah banyak mengambil peran ruh kehidupan kita, sehingga banyak mengikis apa yang harusnya kita pendam, yaitu nafsu gila popularitas. Sehingga banyak dari kita yang ingin memamerkan diri di media sosial, padahal semuanya itu adalah semu belaka.


Ketiga dermawanan, zaman sekarang hampir semuanya serba ada dan sangat nelenakan, sehingga hal ini akan membuat hati kita didominasi oleh cinta dunia yang pada akhirnya akan kan membuahkan hilangnya rasa ingin berbagi kepada sesama.


Dan keempat akhlak yang baik, semakin berkembangnya kemajuan di segala sektor, budaya yang penuh dengan etika, kini kian tersisihkan dan tergantikan dengan budaya pergaulan bebas dan kebebasan berekspresi tanpa batas.


Namun umat Islam, bukanlah umat yg hobi mengutuk zaman dan keadaan. Umat Islam adalah inisiator kebaikan dan perbaikan, dimanapun dan kapanpun.


Mari, kita aplikasikan keempat sifat mulia di atas di mulai dari diri kita sendiri, saat ini juga. Tentunya dengan tetap dan selalu menjaga semangat berilmu dan beramal.

No comments: