Skip to main content

Terjemah Kalamun Qodimullah Yumallu Sama'uhu

Kalamun qodimullah yumallu sama'uhu... Dan seterusnya. Dulu waktu kecil, ketika belajar mengaji di musholla tetangga, doa yang disajikan dalam bentuk Nadhom ini sering kita baca sebelum memulai mengaji.


Bahkan, Nadhoman kalamun qodimullah ini juga sering dibaca di pondok-pondok, terutama  pondok Al-Qur'an atau pondok tahfidh.


Biar lebih mudah untuk memahami apa maksud dan makna daripada doa tersebut, saya Uraikan maknanya secara bebas

  1. Al-Qur'an adalah kalamulloh yang tidak pernah bosan didengar. Maha suci Allah dari perkataan, perbuatan dan sifat yang serupa dengan makhluk-Nya.
  2. Kami jadikan Al-Qur'an sebagai obat dari segala macam penyakit, dzohir dan batin, sebagai penghibur dan pelipur lara. Cahaya dan petunjuknya menjadi lentera saat kami tidak mengetahui (bodoh) dan tak tahu jalan mana yang kami tempuh.
  3. Yaa Allah, bahagiakan kami dengan rahasia dibalik huruf-huruf Al-Qur'an yang kami baca. Terangilah hati, pendengaran serta tuturkata kami dengan cahayanya.
  4. Wahai Allah yang Maha Hidup, hidupkan hati kami yang mati ini. Anugerahkan kepada kami lisan dan hati yang senantiasa berdzikir dan mengingatMu.
  5. Ya Robb, berikan kami ilmu dan hikmah, serta mudahkan dan luaskan jalan rizki seluas luasnya.
  6. Sholawat serta salam setiap saat, siang dan malam semoga selalu tercurah kepada manusia pilahan, kekasih yang teramat kami cintai, Baginda Rosul SAW.
  7. Ya Allah, mudahkan kami dan keturunan kami dalam menghafal dan mengamalkan Al-Qur'an, Semoga Al-Qur'an benar-benar memberi manfaat untuk dunia dan akhirat kami.
  8. Ya Allah dengan sebab barokah gusti kanjeng Nabi, Sang pemberi syafaat, Jangan Engkau sia-siakan lelah dan kesulitan kami saat menghafal dan belajar Al-Qur'an, anugerahkan kami pahala dan kebaikan hingga kami semua Engkau masukkan kedalam surga-Mu



Nadzoman diambil dari Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Amin  Balong Benda, Sirampog, Brebes.

Kagem guru mulia Mbah Yai Aminuddin, Al-fatehah

No comments: