Skip to main content

Bacaan Atau Wirid Yang Hendaknya Dibaca Ketika Masuk Ke Dalam Pasar (Doa Masuk Pasar, Mall dan Pusat Perbelanjaan lainnya)

Bacaan yang harus di hafal oleh siapapun, khususnya yang suka shoping ke mall atau pasar atau pusat belanja lainnya, apalagi yang setiap hari kerja di pasar.

Kanjeng Nabi SAW bersabda:

"Barang siapa masuk pasar, lalu membaca dzikir berikut dengan sedikit mengeraskan suaranya:
لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، له الملك وله الحمد يحيى ويميت وهو حي لا يموت، بيده الخير وهو على كل شيئ قدير
(Lâ ilâha illallôh wahdahû lâ syarîKa lahu,lahul mulku wa lahul hamdu,yuhyî wa yumîtu wa huwa hayyun lâ yamûtu,biyadihil khoîr wa huwa 'alâ kulli syai-in qodîr)
Maka Allah catat baginya 1 juta kebaikan, menghapusnya 1 juta keburukan, mengangkatnya 1 juta derajat dan Allah bangunkan rumah baginya dalam surga".
(( HR.At Tirmidzi 3428,3429,Ibnu Majah 2235,Imam Ahmad dalam musnadnya 1/47,Al Bazzâr 125,Al Hakim dalam Al Mustadroknya 1/538 )).

Diantara sahabat Nabi SAW yang sering masuk pasar hanya sekedar untuk mendapat fadhilah dzikir tersebut ialah Sayyidina Abdullah bin Umar, Salim bin Abdillah, Muhammad bin Wâsi' dan lain-lain Rodhiyallôhu 'anhum.

Bisa kita bayangkan, para sahabat yang nyata sebagai generasi terbaik, manusia-manusia mulia yang Allah pilih hidup bersama NabiNya, terus menghiasi diri mereka dengan amal untuk mendapatkan fadhol dan kemuliaan dari Allah, hingga sebagian sahabat di atas selalu membiasakan pergi ke pasar hanya sekedar untuk berdzikir membaca doa masuk pasar.

Terkait hadits diatas, dalam riwayat Al-Hakim dari Ibnu Umar RA, disebagian jalur riwayatnya, ada seorang perowi dalam hadits tersebut mengatakan : "Aku datang ke khurasan (iran) dan menuju Qutaibah bin Muslim. Lalu aku berkata padanya: "Ya Imam..aku datang bawa "hadiah", lalu aku ceritakan tentang hadits tersebut kepadanya". Lalu Qutaibah bin Muslim RA pun selalu pergi ke pasar dengan kendaraannya, masuk dan langsng keluar lagi, hanya sekedar untuk membaca dzikir diatas.

Mari biasakan membaca dzikir di atas saat kita masuk pasar atau mall.

Mochammad Fuady Abdullah.