Skip to main content
Cak Rojak

follow us

Pilih Kategori Anda

AWAL PENULISAN ARAB (Huruf Arab/Huruf Hijaiyah)

Ka'b Al Akhbar menyebutkan bahwa pertama kali yang menulis arab adalah Nabi Adam 'alaihissalam. Tulisan itu ditemukan oleh Nabi Ismail 'alaihissalam setelah terjadi badai topan.
(kitab Ash Shohiby, hal:10).

Ibnu Abbas RA menceritakan bahwa orang yang pertama kali menulis arab dan meletakkannya adalah Nabi Ismail 'alaihissalam lafadz dan pengucapannya.
(Al Hakim dalam Al Mustadrok 2/552, Al Baihaqi dalam Syu'b Al Iman 1503).

'Urwah bin Zubair RA menceritakan bahwa yang pertama kali menulis arab adalah kaum Al Azd generasi awal. Nama-nama mereka adalah Abjad, hawwaz, huththoy, kilman, sa'fash dan qursyat. Mereka dulu adalah para raja negeri Madyan.
(Muhadhorôt Al Adibbâ 1/197).

Ibnu Qutaibah menyebutkan bahwa pertama kali yang menulis arab adalah Murômir bin Marwah dari kaum Anbar (iraq) dan dari Anbar inilah kemudian menyebar. (Al Ma'ârif, hal ; 552).

Al Mada'ini menceritakan bahwa pertama kali yang menulis arab adalah Murômir bin Marwah, Aslam bin Sidrah dan 'Amir bin Judroh. Murômir sebagai penggambarnya. Aslam yang memisah dan menyambung. Sedangakan 'Amir meletakkan posisinya.
(Subh Al A'sya 3/12, Muhadhirôt Al Adibbâ 1/197).

Mochammad fuady Abdullah.

Mungkin Anda Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar