Hanyalah catatan kecil saya

Sebuah catatan kecil saya yang saya tulis dengan, barang kali bisa bermanfaat

Kisah yang mengandung suri tauladan

Sebuah kisah bagi kita yang memiliki nilai yang indah yang bisa kita ambil suri tauladan di dalamnya

Membuka cakrawala Berfikir

Dengan ide cemerlang terbukalah lembaran hidup baru dengan penuh semangat dan harapan baru

Mohon Koreksinya Bila Ada yang Salah, Saya Hanyalah Manusia Biasa

MASUK SURGA WALAU BELUM SEMPAT SHOLAT SEKALIPUN

Adalah seorang sahabat bernama Ushoirom Bani Abdil Asyhal RA.

Nama lengkapnya adalah 'Amr bin Tsabit bun Wuqoisy (ada juga yang mengatakan Uqoisy) bin Zaghbah bin Zâ'ûrô bin Abdil Asyhal Al Anshory. Disnisbatkan kepada kakeknya 'Amr bin Uqoisy. Ibunya adalah Bintul Yaman, adik dari Hudzaifah Al Yamany. Dijuluki Ushoirom dan syahid dalam perang uhud.

Masuk islam sebelum perang uhud dan syahid dalam perang uhud. Beliau belum sempat sholat sekalipun, namun Nabi SAW mengkhabarkan kalau ia masuk surga. Subhanalloh!..

Dalam shohih Bukhori disebutkan sebuah riwayat dari Al Barro RA bahwa ada seseorang datang kepada Nabi SAW dengan membawa senjata. Lalu berkata dihadapan Rosul SAW: "Ya Rosulalloh. aku ingin ikut berperang dan berada dipihakmu. Apakah ikut perang dulu atau masuk islam terlebih dahulu?"

Nabi SAW menjawab: "Masuk Islam dulu lalu ikutlah perang".

Setelah bersyahadat, lalu iapun ikut berjihad dan wafat. Mendengar hal twrsebut, Kanjeng Nabi SAW dawuh: "Dia beramal sedikit namun mendapat pahala yang besar luar biasa". (HR.Bukhori 2808).

Dalam shohih Muslim redaksinya sebagai berikut: Datang seseorang dari Bani An nabit (satu kabilah dari kalangan Anshor) kepada Nabi SAW dan bersyahadat lalu ikut berjihad dan syahid. (HR.Muslim 1900).

Dalam riwayat An Nasa-i disebutka: "Ya Rosulalloh, jika aku ikut berperang difihakmu, lalu aku mati. Apakah itu baik buatku, sedangkan aku belum sempat sholat sekalipun?".

Nabi SAW menjawab:"Ya.. itu baik buatmu". (HR.An Nasa-i dalam Al Kubronya 8652).

Lihat Usdul Ghobah karya Ibnu Al Atsir 1/147,Al Ishobah karya Imam Ibnu Hajar Al Asqolany 2/282.

Mochammad Fuady Abdullah.
Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP