Skip to main content
Cak Rojak

follow us

Pilih Kategori Anda

MERAIH CINTA ALLAH DENGAN CARA SILATURRAHIM

Dari Abu Hurairah RA, dari Kanjeng Nabi SAW :

ﺃﻥ ﺭﺟﻠًﺎ ﺯﺍﺭ ﺃﺧًﺎ ﻟﻪ ﻓﻰ ﻗﺮﻳﺔ ﺃﺧﺮﻯ ، ﻓﺄﺭﺻﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻰ ﻣﺪﺭﺟﺘﻪ ﻣﻠﻜًﺎ ، ﻓﻠﻤﺎ ﺃﺗﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﻗﺎﻝ : ﺃﻳﻦ ﺗﺮﻳﺪ؟ ﻗﺎﻝ : ﺃﺭﻳﺪ ﺃﺧًﺎ ﻟﻰ ﻓﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻘﺮﻳﺔ ، ﻗﺎﻝ : ﻫﻞ ﻟﻚ ﻋﻠﻴﻪ ﻣﻦ ﻧﻌﻤﺔ ﺗﺮﺑُّﻬﺎ ؟ ﻗﺎﻝ : ﻻ ﻏﻴﺮ ﺃﻧﻲ ﺃﺣﺒﺒﺘﻪ ﻓﻰ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻗﺎﻝ : ﻓﺈﻧﻲ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻴﻚ ﺑﺄﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻗﺪ ﺃﺣﺒَّﻚ ﻛﻤﺎ ﺃﺣﺒﺒﺘﻪ ﻓﻴﻪ

"Ada seseorang berkunjung kepada saudaranya didesa lain. Maka Allah mengutus malaikat untuk menemuinya ditengah jalan.
Malaikat bertanya: "Hendak kemana kau pergi?".
Seseorang itu menjawab: "Aku mau berkunjung/silaturrahim ke saudaraku didesa ini".
Malaikat bertanya lagi: "Apa kamu punya kepentingan duniawi sehingga engkau berkunjung kepadanya?".(maksudnya adalah untuk tujuan dunia, jabatan, uang dan sejenisnya).
Orang itu menjawab: "Tidak!, aku mengunjunginya karena aku mencintainya karena Allah". (bisa karena orang itu baik, alim atau sholih).
Malaikat lalu berkata: "Aku adalah utusan Allah kepadamu untuk mengkhabarkan bahwa Allah mencintaimu sebagaimana engkau mencintai saudaramu". (HR. Muslim).

Faidah hadits:
A). Menjelaskan keutamaan saling mengunjungi karena Allah.
B). Meraih cinta Allah dengan sebab kita saling mencintai sesama muslim,khususnya bertamu kepada orang sholih (sowan).
C). Manusia terkadang bisa berjumpa dengan malaikat ketika malaikat berubah jadi manusia. Karena Malaikat adalah makhluk Allah yang bisa menjelma menjadi manusia ataupun makhluk lainnya dengan izin Allah.

Mochammad Fuady Abdullah.

Mungkin Anda Juga Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar