Skip to main content

BIOGRAFI HALIMAH AS-SA'DIYYAH

Halimah as-sa'diyyah atau biasa disebut halimatus sa'diyyah beliau adalah Ibu suson (rodo'ah). Beliau adalah wanita yang pernah menyusui baginda Nabi Muhammad SAW.

Nama lengkap beliau adalah Halimah binti Abi Dzuaeb (Abu Dzuaeb ini namanya adalah Abdullah) bin Harits bin Jabir bin Sa'd. Kita sering menyebutnya dengan Halimah As-Sa'diyyah atau Halimatus Sa'diyyah, penamaan ini dinisbatkan kepada Sa'd bin Bakar yang notabene adalah leluhurnya.

Abu Ath Thufail berkata:

ﺭﺃﻳﺖ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳَﻘْﺴِﻢُ ﻟَﺤْﻤًﺎ ﺑِﺎﻟْﺠِﻌِﺮَّﺍنَة ، ﻭﺃﻧﺎ ﻳﻮﻣﺌﺬٍ ﻏﻼﻡٌ ﺃَﺣْﻤِﻞُ ﻋَﻈْﻢَ ﺍﻟﺠَﺰُﻭﺭِ ، ﺇِﺫْ ﺃَﻗْﺒَﻠَﺖِ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓٌ ﺣﺘﻰ ﺩَﻧَﺖْ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ، ﻓﺒﺴﻂ ﺭِﺩﺍﺀَﻩ ﻓﺠَﻠَﺴَﺖْ ﻋﻠﻴﻪ.
ﻓﻘﻠﺖُ : ﻣﻦ ﻫﺬﻩ ؟
 ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻫﺬﻩ ﺃُﻣُّﻪُ ﺍﻟﺘﻰ ﺃَﺭْﺿَﻌَﺘْﻪُ
"Aku melihat Rosulallah SAW membagi-bagi daging di ji'irronah, saat itu akau masih kecil membawa daging kambing/unta yang sudah disembelih. Tiba-tiba datang seorang wanita mendekat ke Rosulallah. Lalu Nabi SAW membentangkan selendang untuknya, kemudian wanita tersebut duduk diatasnya. Aku (Abu At-Thufail) bertanya: "Siapa wanita ini?"
Para sahabat menjawab : "Dia adalah ibu suson Rosulullah Saw".
(HR. At-Thobroni 2424, Abu Dawud 5144, Bukhori dalam Adabul Mufrod 1259, Abu Ya'la dalam Musnad 900, Al-Hakim dalam Al-Mustadrok 6595, Ibnu Hibban dalam Sohihnya 4232 dan lainnya).

Kalimat ﺍﻟﺠﻌﺮﺍﻧﺔ ada yang mengatakan ji'irronah ﺍﻟﺠِﻌِﺮَّﺍنة ‏ dan ada pula yang mengatakan ji'ronah ﺍﻟﺠِﻌْﺮَﺍﻧَﺔ sebagaimana dikatakan Al murtadho dalam Taj Al'arus. Menurut Qodhy 'iyadh bahwa Ahlul hadits biasa menyebutnya ji'irronah, sedangkan ahlul adab menyebutnya ji'ronah.
Menurut Imam Syafi'i, ulama ahlul hadits keliru dengan mentasydidkan ro dalam kata ji'irronah.
Menurut Qodhy Ismail bin ishaq dari Ali bin Al Madiny bahwa ahlul madinah menyebutnya ji'irronah, sedang ahlul 'iraq menyebutnya ji'ronah.

Ji'ronah atau ji'irronah adalah sebuah tempat antara Thoif dan makkah sekitar 7 mil atau sekitar 11 sekian KM.

Mochammad Fuady Abdullah.