Skip to main content

Doa Mustajab Ketika Sedang Bersin

Kita semua tahu bahwa bersin adalah reaksi tubuh ketika ada benda asing (partikel) masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan atau hidung. 

Adanya reaksi tubuh yang berupa bersin ini sangat penting sekali, karena di samping sebagai bentuk pertahanan tubuh dari serangan virus dan bakteri yang akan masuk, juga membersihkan kotoran yang ada di hidung, baik berupa lendir, ingus dan sebagainya.

Penyebab dari terjadinya bersin sangat banyak sekali, yang pasti penyebabnya adalah hal-hal dari tubuh, seperti suhu udara dingin, sinar yang terlalu terang, benda-benda kecil yang masuk ke hidung, seperti lada, debu dan lain sebagainya.

Di belahan dunia manapun, reaksi orang yang bersin dan orang yang mendengarkan bersin, satu sama lain berbeda.

Kita ambil Contoh di negara inggris atau negara yang menggunakan bahasa inggris. Ketika ada orang bersin, maka akan ada sedikitnya satu orang untuk mengatakan "God bless you" (Semoga Tuhan memberkatimu) atau hanya "Bless you" (Kiranya Anda diberkati). Biasanya orang yang bersin akan memberikan respon dengan menjawab "Terima kasih" sebagai bentuk sopan santun.

Di negara yang berbahasa Spanyol lain lagi, orang yang mendengar bersin akan mengatakan "Salud", yang berarti (sehat). Kemudian Orang yang bersin akan menjawab "Gracias" (terima kasih).

Di Azerbaijan, bersin biasanya diikuti oleh jawaban "Saglam ol" yang berarti "semoga Anda sehat". Begitu pula di negara Italia, bersin diikuti oleh jawaban "Salute"

Dalam budaya-budaya berbahasa Portugis, bersin diikuti oleh jawaban "Saúde", ("Sehat"), atau "Santinho" ("santo kecil"), Yang bersin kemudian menjawab "Obrigado" atau "Obrigada" (terima kasih).

Di Romania, orang yang bersin akan dijawab oleh di sekitarnya yang mendengarkan dengan ungkapan "Noroc", (Semoga Beruntung) yang kemudian orang yang bersin akan menjawab dengan ungkapan "Mersi" atau "Multumesc" ("Terima kasih").

Di Puerto Rico, malah melebihi atau ada tambahan lain bagi yang sedang bersin sampai kedua dan ketiga. Maksudnya begini, ketika bersin pertama, orang yang mendengarkan akan menjawab bersin tersebut dengan kata "Salud" (sehat). Untuk yang kedua dan ketiga juga ada jawaban, akan tetapi berbeda dengan jawaban yang pertama. Untuk bersin yang kedua, mereka akan menjawab dengan ungkapan kata  "Dinero" (Uang), dan untuk bersin yang ketiga, mereka akan menjawab dengan ungkapan "Amor" (Cinta).

Begitu pula di negara-negara lainnya, seperti Brazil-Portuguese, Jerman, negara yang berbahasa Inggris lainnya. Ungkapan ini sangat umum digunakan, karena lahir dari sebuah kepercayaan zaman dahulu bahwa bahwa bersin adalah tanda sakit, bahkan bisa dikatakan parah. 

Karena orang yang bersin dikategorikan orang yang sedang sakit, maka dengan adanya jawaban atau ungkapan dari orang yang mendengarkannya, harapan mereka adalah orang yang bersin semoga selamat. 

Adanya tradisi ini dimulai dari Abad Pertengahan, ketika orang yang sedang bersin diyakini sedang mengalami kondisi jantung berhenti berdenyut, jiwanya meninggalkan tubuhnya, dan dapat direnggut oleh roh jahat.

Akan tetapi, dalam Islam berbeda lagi ketika menyikapi bersin atau orang yang bersin. Islam muncul di sekitaran abad 15, sehingga sebelum adanya tradisi seperti di atas, Syariat Islam telah mengajarkan umatnya untuk Memuji tuhan, sedangkan orang di sekitarnya yang sedang mendengarkan saudaranya sesama muslim Bersin, di sunahkan untuk mendokan saudaranya yang sedang bersin tersebut. Sebagaimana hadits Nabi Muhammad. Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad berkata:

إذا عطس أحدكم فليقل: الحمدلله، وليقل له أخوه أو صاحبه: يرحمك الله، فإذا قال له: يرحمك الله، فليقل: يهديكم الله ويصلح بالكم

 {متفق عليه}

"Idza 'athosa ahadukum falyaqul alhamdulillah, walyaqul akhuhu aw shohibuhu : yarhamukallah, falyaqul: yahdikumullah wa yushlih baalakum"

"Ketika salah satu di antara kalian bersin, hendaklah dia berkata, "Al-hamdu-Lillah" (Segala puji bagi Allah ), dan hendaklah saudaranya atau orang yang sedang berada di sampingnya berkata kepadanya, "Yarhamuk Allah" (Semoga Allah merahmati anda) . Jika ia berkata, "Yarhamuk-Allah", Hendakanya ia menjawab, "Yahdiikum Allah wa yuslihu baalakum" (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda)."

Ini perintah yang ada dalam Islam. Bahkan, Dalam ilmu Hikmah yang terdapat dalam ajaran islam, ada sebuah hikmah yang bisa kita manfaatkan ketika kita sedang bersin. Hal ini sebagaimana terdapat dalam sebuah keterangan di dalam kitab "Hasyiyah al-bujayromi alal khotib" juz 4, halaman 346. Di sana diterangkan bahwa : 

فائدة: من قال بعد العطاس عقب حمدا لله: اللهم ارزقني مالا يكفيني وبيتا يأويني واحفظ علي عقلي وديني واكفني شر من يؤذيني أعطاه الله سؤله

حاشیة البجیرمي على الخطيب، ج ٤ ، ص ٣٤٦


Faedah

Barangsiapa setelah bersin, seusai membaca hamdalah, lalu ia membaca doa (seperti di bawah ini) :


اللهم ارزقني مالا يكفيني وبيتا يأويني واحفظ علي عقلي وديني واكفني شر من يؤذيني


Ya Allah, berikanlah kepadaku harta yang mencukupiku dan rumah yang bisa menjadi tempat perlindunganku, dan jagalah akal dan agamaku, serta lindungilah aku dari perbuatan buruk orang yang hendak menyakitiku ], maka Allāh akan memenuhi permintaannya.


Inilah bedanya antara Tradisi kita, yaitu tradisi yang di Ajarkan oleh Hadrotur Rosul yang pasti baik dan lebih baik dari pada tradisi yang terdapat di negara-negara lainnya. Karena di dalam Ajaran yang disampaikan Hadrotur Rosul pasti terdapat hikmah dan sirr (rahasia) tertentu yang hanya bisa dijelaskan oleh para ulama ahli Hikmah. 


Semoga bermanfaat.

No comments: